Keterlibatan Mahasiswa dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farhan Jamil Rahmawan
Deni Ardiadi
Upit Sari Ayu
Puan
Siti Nurlaela
Nisa Paridah Hasanah
Gilang Syahril Akbar

Abstract

Manajemen sangat dibutuhkan dalam segala hal, utamanya dalam pengelolaan pemerintahan Desa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan di Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 15 agustus 2022, bertempat di kantor balai Desa Cibatu Kecamatan Cikembar yang dihadiri langsung oleh para staf dan kepala Desa Cibatu. Sebagai salah satu bentuk persiapan, kami menyiapkan beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa hal terkait kualitas pelayanan yang ada di Desa Cibatu supaya nanti kedepannya program kegiatan yang akan kami lakukan lebih jelas dan terarah. Pada sesi interview, kami menyempatkan untuk menyampaikan aspirasi tentang upaya lebih lanjut terkait peningkatan kualitas pelayanan di Desa Cibatu. Selain itu, kami hadir dan membantu untuk melengkapi data-data yang nantinya bisa mempermudah para staf administrasi kantor kepala Desa Cibatu dalam melihat data monografi masyarakat Desa Cibatu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmawan, F. J., Ardiadi, D., Sari Ayu, U., Puan, Nurlaela, S., Hasanah, N. P., & Akbar, G. S. (2023). Keterlibatan Mahasiswa dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 30-38. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/190

References

Anggita, Sita Aisah. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat Pasca Keberadaan Ecoranger di Desa Sumberagung Pesanggaran Banyuwangi. [Skripsi]. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Brata, Kamir R. dan Nelistya, Anne. (2008). Lubang Resapan Biopori (LRB). Jakarta: Penebar Swadaya.
Ecoranger.id. (2021, Maret 31). Diakses pada November 2022 dari https://ecoranger.id/education/pentingnya-pemilahan-sampah-di-sumber/.
Elsie, Israwati Harahap., Herlina, Nofripa., Badrun, Yeeri., Gesriantuti, Novia. (2017). Pembuatan Lubang Resapan Biopori Sebagai Alternatif Penanggulangan Banjir Di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu negeRI, 1 (2). 93-97.
Gholam, Gusnia Meilin., Kurniawati, Intan Dwi., Laely, Putri Nur., Amalia, Rizky., Mutiaradita, Nur Adha., Rohman, Seno Nur., Pangestiningsih, Sifana., Widyaningsih, Hesti dan Amalia, Khoirotul Rizki. (2021). Pembuatan dan Edukasi Pentingnya Lubang Resapan Biopori (LRB) untuk Membantu Meningkatkan Kesadaran Mengenai Sampah Organik serta Ketersediaan Air Tanah di Dusun Tumang Sari Cepogo. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 09 (2).108 - 116.
Hidayat, Arif., Wibowo, Mochamad Agung., Dwi Hatmoko, Jati Utomo., Kistiani, Frida., Hermawan, Ferry., Herman Merukh, Satria Sentik dan Zachari, Moammar. (2021). Pembuatan Biopori Sebagai Upaya Peningkatan Laju Infiltrasi Dan Cadangan Air Tanah Serta Pengendalian Banjir. Jurnal Pasopati, 3 (3). 129-133.
Martha, Luluk., Hakim, Abdul dan Setyowati, Diah Nugraheni. (2018). Kajian Air Hujan Melalui Lubang Resapan Biopori (LRB) di Uin Sunan Ampel Surabaya. 4 (1). 01-07.
Permatasari, L. (2015). Bioinfiltration Hole: One Day for Biopore as an Alternative Prevent Flood. International Journal Of Advances in Science Engineering and Technology, 3 (2).
Salimah, A'isyah Aisyah., Yelvi, Yelvi., Swastika, Tri Widya., Barry, Husnil dan Andikanoza, Andikanoza. (2021). Biopori Sebagai Upaya Mengatasi Banjir dan Ketersediaan Air Tanah di Lingkungan Pesantren Nurul Huda. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 70-78.
Setyaningsih, Istianah & Endriastuti, Yenia. (2018). Sosialisasi Penggunaan Lubang Biopori Dalam Rangka Mengurangi Banjir Di SMP Negeri 3 Cikarang Timur. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (1). 06-12.