Penerapan Metode Iqra bil Qolam pada Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Al-Qur’an adalah Firman Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi pedoman hidup bagi manusia. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi manusia. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam yang berisi petunjuk dan tuntunan komprehensif guna mengatur kehidupan di dunia dan akhirat, maka pendidikan Al-Qur’an khususnya dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an dibutuhkan adanya metode yang dapat membantu peserta didik untuk lebih mudah meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode yang tepat akan mampu mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik.
Rumusan masalah dari penelitian ini 1) Bagaimana menerapkan metode Iqro Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja?, 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Iqro Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja?, dan 3) Bagaimana usaha dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam menggunakan metode Iqro Bil Qolam pada kalangan remaja?
Pendekatan peneliti yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi , interview, dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitii menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan, mempresentasikan serta manafsirkan tentang hasil penelitian secara detail. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan Bahwa 1)Pelaksanaan metode Iqro Bil Qolam di bagi menjadi dua claster. Yaitu claster tarqiq dan claster tartil. Materi claster tarqiq yaitu memperdalam tentang artikulasi (pengucapan), makhorijul hutuf, tajwid dan juga lagu-lagu tartil yang memudahkan artikulasi. Materi yang di pelajari dalam claster tarqiq adalah bacaan juz’ 19, surat An-Naml, untuk claster tartil yaitu memperdalam tentang artikulasi (pengucapan) , makhorijul huruf huruf, tajwid dan juga lagu-lagu tartil yang memudahkan artikulasi. Materi yang di pelajari dalam claster tartil adalah pembelajaran juz 19 dengan pengucapan, makhorijul huruf huruf,dan tajwid dengan baik dan benar.
Kemudian metode Bil Qolam menggunakan teknik talqin- taqlid (menirukan) dan bersifat (Teacher centris) 2) Beberapa faktor pendukung Metode Bil Qolam yaitu berkaitan dengan pengajar, sarana prasarana, metode Iqro Bil Qolam itu sendiri dan Wali santri . Untuk faktor penghambat Metode Bil Qolam terhadap kalangan remaja adalah dari santri itu sendiri. 3) Usaha-usaha dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro Bil Qolam pada kalangan remaja di desa Cibatu.
Hasil akhir peneliti menunjukkan tentang pemahaman santri remaja dalam membaca Al-Qur’an sebelum menggunakan metode Iqro Bil Qolam hingga menggunakan metode Iqro Bil Qolam dikatakan berhasil (meningkat).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Farihah, Ummi Hani’. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al Qur’an Indah dengan Metode Tilawati. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8 (1). 69-84.
Farzain. (2012). Al-Qur’an Bil Qolam. Klaten : Sahabat.
Izzan, Ahmad. (2013). Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Al-Qu’ran. Bandung: Tafakur.
Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, Ahmad Sudarsono. (1994). Ilmu Tajwid dan Seni Baca al-Qur’an. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Observasi langsung maupun penerapan kepada yang terkait oleh peserta KKN STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.
Selvia Noviana, Wahyudi, Wahyudi,. Pramudya, Febi Indra., Luiroh, Luluk., Iswanto, Eko Hadi., Sa’diyah, Elviatus & Karamoy, Yurike Kinanthy. (2023). Penerapan Metode Iqro’ bil Qolam Di MushollaAn-Nuriyah dan Baitul Muttaqin Desa Kasiyan Timur. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 7 (1). 77-84.
Tim Penyusun. (2010). Konsep dan Panduan Teknis Penulisan Qur an Tulis Iqro’ Bil Qolam. Jakarta : Laboratorium Tarbiyatul Alamiin.
Zuhdi, Masjfuk. (1997). Pengantar Ulumul Qur’an. SueBy: Karya Abditama.