Memperkokoh Kualitas Masyarakat berdasarkan al-Qur’an melalui Metode Iqra Bil Qalam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan belajar mengajar tentang memahami pada peserta didik tingkat SD. Pada tingkat ini motivasi belajar Al-Quran pada anak sangat minim karena kurangnya kemampuan membaca dan menulis Al-Quran. Untuk itu dilakukanlah metode Iqra Bil Qalam. Tujuan dari kegiatan belajar Al-Qur’an dengan metode Iqra bil Qalam ini ialah untuk meningkatkan motivasi, belajar anak agar fasih membaca dan menulis Al-Quran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode Iqra Bil Qalam. Adapun hasil hasil dari kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an dengan metode Iqra Bil Qalam antara lain: Pertama, peserta didik lebih memahami teori membaca dengan ilmu tajwid dan tata cara menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar, Kedua, mereka termotivasi belajar Al-Quran lebih baik lagi. Ketiga, dengan metode Iqra Bil Qalam peserta didik dapat dengan mudah memperbaiki atau memperbagus bacaan dan tulisan.. Keempat, terdapat perubahan yang signifikan setelah menggunakan metode Iqra Bil Qalam. Kelima mendapatkan respon yang antusias dari Pendidik dan juga telah terlaksana dengan baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-Qur’an Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2015. Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Jakarta: Lajnah
Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro
Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2005. Penterjemah dan Penafsiran Al-Qur’an, Departemen Agama RI. Jakarta: Yayasan Penyelenggara.
Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya dengan transliterasi, Departemen Agama RI, Semarang: PT. Karya Toha Putra, t.t.
Al-Qur’an dan Hadist. Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit. Diponorogo, 2010.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Humam, As’ad. (2000). Buku Iqra, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Jilid I-6 Yogyakarta: Team Tadarus AMM.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur Anita, Waslah, K. N. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Membaca AlQur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kalijaring Jombang. Journal of Education and Management Studies, 3(2), 13–18.