Upaya Peningkatan Literasi Dasar melalui Les Privat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andini Nurul Hikmah
Habiburrahman Habiburrahman
Hilma Nazdifa Awaliah
Latipah Latipah
Syifa Qurrotul ‘Ain
Dede Nurdin
Dudun Najmudin

Abstract

Program les privat di Desa Buniwangi, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung pada anak-anak. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan pendekatan berbasis pembelajaran kontekstual dengan metode interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak melalui strategi personalisasi, interaktif, pemberdayaan lingkungan dan evaluasi berkelanjutan. Setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian berupa les privat terdapat peningkatan signifikan dalam minat baca anak-anak, penguatan keterampilan dasar membaca dan menulis, serta peningkatan kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan literasi. Program ini berhasil mengatasi tantangan utama seperti rendahnya minat baca dan keterbatasan metode pembelajaran melalui pendekatan yang lebih interaktif dan inovatif. Keberhasilan program tidak hanya berdampak jangka pendek tetapi juga memiliki potensi keberlanjutan melalui peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hikmah, A. N., Habiburrahman, H., Awaliah, H. N., Latipah, L., ‘Ain, S. Q., Nurdin , D., & Najmudin, D. (2025). Upaya Peningkatan Literasi Dasar melalui Les Privat. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12-26. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/374

References

Afifah, N. 2019. Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Jurnal Program Studi PGMI 6(2).
Anisa, Azmi Rizky, Ala Aprila Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah. 2021. Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal 1(1).
Asrori, M., & Hidayat, T. (2023). Implementasi Program Literasi Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 45-56.
Kusuma, R., & Pratiwi, D. (2023). Analisis Tantangan Pengembangan Literasi di Wilayah Pedesaan: Studi Kasus di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kajian Pendidikan, 15(2), 112-125.
OECD. (2022). PISA 2022: Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Rahmawati, S., & Gunawan, A. (2023). Efektivitas Les Privat dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa: Studi di Wilayah Pedesaan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(2), 78-89.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Putro, Anton Handoko & Sa’diyah, Halimah. (2022). Peningkatan Literasi Siswa melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22 (2). 72-79.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiedarti, P., & Suryaman, M. (2022). Kajian Hasil PISA 2022: Implikasi terhadap Kebijakan Literasi di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 215-228.