Pelatihan Canva untuk Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kreativitas dalam Memakmurkan Masjid dan Lingkungan Masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Darojat
Abdullah Ghimnastiar
Amin Fahrul Anam
Roni Paslah
Mustiali
Liah Siti Syarifah

Abstract

Pelatihan Canva bagi remaja masjid di Desa Bencoy bertujuan untuk mendorong kreativitas dalam upaya memakmurkan masjid dan lingkungannya. Program ini disusun untuk memberikan pemahaman dasar tentang desain grafis melalui aplikasi Canva, yang mudah diakses dan digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Kegiatan pengabdian yang berupa pelatihan canva ini dilakukan dengan tahapan berikut: perancangan kegiatan, pembukaan, pengenalan canva, praktik desain grafis, pendampingan dan sesi kreatif, penutup dan evaluasi serta dokumentasi dan tindak lanjut. Melalui pelatihan ini, para remaja masjid diajarkan cara menghasilkan konten visual yang menarik, seperti poster kegiatan, publikasi digital, dan materi promosi lainnya. Sebagai hasilnya, peserta tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis dalam desain grafis, tetapi juga mengaplikasikan keterampilan tersebut untuk mendukung kegiatan masjid dan menyebarkan pesan-pesan positif di lingkungan mereka. Dampak pelatihan ini terlihat pada meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan masjid serta cara penyampaian informasi kepada warga desa yang semakin kreatif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Darojat, A., Ghimnastiar, A., Anam , A. F., Paslah, R., Mustiali, & Syarifah, L. S. (2025). Pelatihan Canva untuk Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kreativitas dalam Memakmurkan Masjid dan Lingkungan Masyarakat. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39-48. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/375

References

Arief, M. R., & Adi, A. S. (2014). Peran Karang Taruna Dalam Pembinaan Remaja di Dusun Candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 190–205.
Idawati, M., Muhammad, M., Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 745–751.
Johnson, A., Lee, B., & Kim, C. (2023). Penggunaan Alat Desain Grafis yang Efektif dalam Keterlibatan Komunitas. Journal of Community Development, 15(2), 123-135.
Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–77.
Mintarsih, Kurniasih, E., Festi, H., Nurlaila, E., Musringudin, & Chairunnisa, M. A. (2022). Pelatihan Modifikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Di Sdn Petir 1 Dan Sdn Petir 3. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 38–44.
Prasetyo, D., & Wibowo, H. (2022). Keuntungan dari Pelatihan Desain Grafis untuk Remaja Masjid. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 10(1), 45-58.
Sari, R., & Kusuma, L. (2023). Penerapan Canva dalam Pelatihan Desain Grafis di Masjid. Jurnal Teknologi Informasi, 12(3), 89-102.
Sari, C. (2024). Pengaruh Karang Taruna Dalam Membentuk Karakter Positif dan Etika Sosial Pemuda di Desa Balonggabus, 2(1).
Setyawan, A., & Rahmawati, M. (2021). Penilaian Pelatihan Desain Grafis untuk Komunitas Masjid. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(4), 67-80.
Smith, J. (2022). Pengenalan Canva untuk Komunikasi Komunitas yang Efektif. Design Today, 5(1), 30-42.
Zhang, Y., & Zhang, X. (2021). Aplikasi Desain Grafis yang Mudah Digunakan untuk Non- Profesional. International Journal of Design, 19(2), 210-225.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'