Pemberdayaan Masyarakat melalui Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Agama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sagita Ardiningrum
Sipa Nurazizah
Siti Ramina Agustina
Shofa Marwati
, Sarah Najwarina
Risnawati
Evi Sugiarti
M Daffa Aryadi
M Rizky
M.N. Gofarudin
Fenty Setiawati
Dadang Jaya

Abstract

Diantara kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Institut KH. Ahmad Sanusi yaitu bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan kualitas pembelajaran agama bagi anak-anak, ibu-ibu, serta memberikan pelatihan dan pemahaman kepada guru ngaji di Desa Gegerbitung. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, evaluasi, serta pelatihan bagi guru ngaji untuk memperkuat keterampilan mengajar mereka. Observasi dilakukan untuk memantau dinamika pengajian dan interaksi peserta, sedangkan wawancara digunakan untuk mengumpulkan umpan balik dan mengidentifikasi kebutuhan peserta terkait pembelajaran agama. Pelatihan untuk guru ngaji dirancang untuk memberikan mereka pemahaman yang lebih mendalam terkait strategi pembelajaran agama yang efektif. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas metode yang diterapkan dan mengukur perubahan dalam pemahaman serta partisipasi peserta. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam antusiasme peserta, pemahaman materi pengajian, serta keterampilan mengajar guru ngaji, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan bermakna di Desa Gegerbitung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardiningrum, S., Nurazizah, S., Agustina, S. R., Marwati, S., Najwarina, , S., Risnawati, Sugiarti, E., Aryadi, M. D., M Rizky, M.N. Gofarudin, Setiawati, F., & Jaya, D. (2025). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Agama . AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50-64. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/376

References

Dannur, M. (2023). Pendampingan Dan Pembinaan Mengajar al-Qur’an bagi Guru Ngaji di Desa Sana Daya. Jurnal Ngejha, 2 (2), 264–271.
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan, 5(2), 1–14.
Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(September), 1–8. http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.327
Mahmudin, H., & Muhid, A. (2020). Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak dalam Islam. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(2), 449. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i 2.624
Manoppo, A. J., & Pontororing, O. C. (2023). Selera Humor Pada Motivasi Belajar. Klabat Journal of Nursing, 5(1). 61. https://doi.org/10.37771/kjn.v5i1.912
Rahimi, I., & Pulungan, E. N. (2024). Pengaruh Guru Humoris (Sense Of Humor) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Kependidikan, 13(1), 261–272.
Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2120
Sauri, S., Hapsah, S. H., Amri, N., Jumad, A., Najwa, S., Latifaturrahmaniah, L., & Sakrani, A. (2021). Implementasi Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di TPQ Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 54–61. https://doi.org/10.51700/empowerment.v 1i01.200.
Syaiful, Ahmad. 2023. “Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Di Masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3 (1). 29–34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'