Efektivitas Lomba Ajang Kreasi Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Desa Cikurutug menghadapi masalah rendahnya motivasi belajar anak-anak usia dini dan SD, yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran pendidikan di lingkungan sekitar. Program Lomba Ajang Kreasi Anak diadakan sebagai bagian dari KKN, dengan tujuan meningkatkan semangat belajar melalui kegiatan kreatif seperti mewarnai, adzan, dan fashion show. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program tersebut. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan motivasi belajar anak-anak dan kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan, meski ada tantangan berupa keterbatasan sumber daya. Kesimpulannya, program Lomba Ajang Kreasi Anak efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak di Desa Cikurutug, namun keberlanjutan program ini membutuhkan dukungan yang lebih kuat dari berbagai pihak untuk memastikan dampaknya bisa bertahan dalam jangka panjang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Baba, M. A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. http://repository.iain-manado.ac.id/415/
Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD/MI. Jurnal murabbi, 1 (1). 60–71.
Lestari, F. Y., Rokhmawan, T., & ... (2024). Revitalisasi Budaya Lisan Legenda Kiai Sepuh Desa Gentong Untuk Meningkatkan Kepekaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal …, 1(11), 1869–1883.
Malta, M., Syarnubi, S., & Sukirman, S. (2022). Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(2), 140–151. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i2.10228
Rusdiansyah, M. (2019). Motivasi belajar yang terkandung dalam al-qur’an surah al-mujadalah ayat 11. Jurnal Pendidikan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45374
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Tarigan, I. W. B., Saragih, E., Harahap, A. N. H., Suryani, I., & Sapri, S. (2024). Analisis Tentang Ragam Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Journal of Education Research, 5(1), 84–94. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/777
Wulan Sari, F., & Jamrizal, J. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Journal of Educational Research, 2(1), 61–78. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.219