Pemberdayaan UMKM Kopi Iklima: Upaya Peningkatan Kualitas Produk dan Akses Pasar melalui Sertifikasi Halal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Akmal Faza
Putri Dita Cahyani
Zahratul Athriah
Yoga Permana

Abstract

UMKM kopi di Indonesia, termasuk di Desa Cikurutug, memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun, banyak UMKM kopi yang masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kualitas produk yang belum seragam, kesulitan dalam pemasaran, dan kurangnya sertifikasi halal. Sertifikasi halal menjadi semakin penting mengingat mayoritas konsumen di Indonesia adalah muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perolehan sertifikasi halal, dampaknya terhadap kualitas produk dan akses pasar, serta kontribusinya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sertifikasi halal memberikan dampak positif bagi UMKM Kopi Iklima, baik dari segi peningkatan kualitas produk maupun perluasan akses pasar. Selain itu, sertifikasi halal juga berperan dalam meningkatkan citra merek dan kepercayaan konsumen, yang berujung pada peningkatan penjualan. Dengan demikian, implementasi program pemberdayaan ini diharapkan dapat menjadi model bagi UMKM lain di daerah tersebut dalam mengembangkan usaha dan mencapai keberlanjutan ekonomi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akmal Faza, M., Cahyani, P. D., Athriah , Z., & Permana, Y. (2025). Pemberdayaan UMKM Kopi Iklima: Upaya Peningkatan Kualitas Produk dan Akses Pasar melalui Sertifikasi Halal. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65-76. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/379

References

Permata, B. K., Indriastiningsih, E., & Primasanti, Y. (2023). Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Self Declare Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan Produk Pelaku UMKM Di Kota Surakarta. [Disertasi]
Rahmiyati, N., & Rachmawati, T. (2023). Peningkatan Daya Saing Berbasis Teknologi Mekanis dan Digitalisasi Marketing pada Usaha Kerupuk Tengiri di Kota Mojokerto. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(02), 19-25.
Solihah, D. P., & Suherman, A. (2024). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran guna Meningkatkan Daya Saing pada UMKM Kedai Kopi TokTok Karawang. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 7596-7707.
Nasirudin, F., Pindianti, M., Said, D. I. S., & ... (2022). Peramalan Jumlah Produksi Kopi Di Jawa Timur Pada Tahun 2020-2021 Menggunakan Metode Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (Sarima). AGRIUM: Jurnal Ilmu …, 25(1), 34–43.
Nurjannah, N., Mariah, M., & Hidayat, A. I. (2022). Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safi Skincare. Nobel Management Review, 3(4), 635–644. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3454
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Sandra, L. (2024). Lendi sandra nim: 20681028.
Sukma, Putri Rizki. (2024). Sertifikasi Halal Dalam Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Sistem Jaminan Produk Halal (Studi Sertifikasi Terhadap Produk Kosmetik Minyeuk Pret).
Yulia, Lady. (2019). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.
Yunus, Y. H. (2021). Efektivitas UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) Terhadap Sadar Halal Para Pelaku UMKM di Kota Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(1), 47. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i1.326

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'