Pelatihan Kaligrafi Khat Naskhi untuk Peningkatan Minat dan Kreativitas Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nadilla Ruslaini
Nely Siti Nurlaili
Rian Ferdiando
Muhamad Salim
Alvi Nurlaela
Ulil Azmi
Yasni Alami

Abstract

Kaligrafi Islam, khususnya gaya khat naskhi, memiliki peran penting dalam melestarikan warisan budaya dan spiritual umat Islam . Namun, di Madrasah Diniyah (MD) An-Nida, belum ada program khusus yang memfasilitasi pembelajaran kaligrafi secara sistematis. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kreativitas murid MD An-Nida melalui pelatihan kaligrafi khat naskhi, serta mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam prosesnya. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi interaktif, latihan terbimbing, dan proyek kreatif. Pelatihan dilaksanakan selama dua minggu dengan total lima sesi, diikuti oleh 30 murid. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta, dengan 90% peserta mampu menjelaskan karakteristik khat naskhi dan 80% berhasil menulis kalimat sederhana. Tingkat partisipasi dan kepuasan peserta yang tinggi (95%) menunjukkan keberhasilan program dalam meningkatkan minat terhadap seni kaligrafi Islam. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pelatihan juga efektif, dengan 90% peserta melaporkan peningkatan pemahaman tentang hubungan antara kaligrafi dan ajaran Islam. Pengabdian ini berhasil memenuhi kebutuhan pengembangan minat dan kreativitas berbasis seni Islam di MD An-Nida, serta memberikan fondasi untuk pengembangan kurikulum kaligrafi yang berkelanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ruslaini, N., Nurlaili, N. S., Ferdiando, R., Salim, M., Nurlaela, A., Azmi , U., & Alami, Y. (2025). Pelatihan Kaligrafi Khat Naskhi untuk Peningkatan Minat dan Kreativitas Peserta Didik. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 92-108. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/380

References

Alwi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Penerapan Metode Kaligrafi bagi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 45–60.
Fajri, N., Yusuf, M., & Zaini, M. (2021). Pengaruh latihan kaligrafi terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1473–1483.
Fauzi, A., & Nurhaliza, S. (2022). Innovative Approaches in Islamic Calligraphy Education: A Comprehensive Curriculum Design for Madrasahs. Journal of Islamic Arts Education, 15(2), 78–95.
Fauzi, A., & Rahman, T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kaligrafi terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 12–25.
Hakam, A. (2020). Perkembangan seni kaligrafi Islam di Indonesia: Tinjauan historis dan estetis. Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 22(1), 11–24.
Hakim, A., Rizal, M., & Choirunisa, K. (2020). Dampak Program Ekstrakurikuler Berbasis Seni Islam terhadap Minat dan Kreativitas Siswa Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 245–260.
Hasan, M. (2023). Kaligrafi sebagai Media Pengembangan Keterampilan Vokasional Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 34–49.
Hidayat, R. (2023). Efektivitas pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan pemahaman makna Al-Qur’an pada siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Studi Islam, 8(1), 67–82.
Maghfiroh, L. (2019). Optimalisasi kecerdasan kinestetik anak usia 9-12 tahun melalui pembelajaran kaligrafi. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 123–136.
Nugraha, A., & Sobandi, B. (2022). Pengembangan kreativitas siswa melalui pembelajaran kaligrafi kontemporer. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 10(1), 31–45.
Nuha, U. (2020). Pembelajaran Kaligrafi Arab: Sebuah Kajian Metodologi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 23–38.
Rahman, F., & Suherman, A. (2021). Penggunaan aplikasi mobile dalam pembelajaran kaligrafi untuk generasi Z. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 178–191.
Risfania, F. S., Umami, K. R., & Wachidah, H. N. (2019). Upaya Peningkatan Kreativitas Dan Produktivitas Santri Pondok Pesantren Al–Istiqomah Ii Melalui Pelatihan Karya Seni Islam. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, (2),191–196.
Rizqi, M. (2021). Empowering Madrasah Teachers: Integrating Calligraphy in Islamic Education. Journal of Islamic Teacher Education, 8(3), 210–225.
Rohmah, N., & Arifin, Z. (2021). Potensi ekonomi kreatif berbasis seni kaligrafi Islam: Studi kasus komunitas kaligrafi di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 45–60.
Sari, D. P., & Putri, A. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Kaligrafi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 77–92.
Sartika, D. (2023). The Impact of Artist-in-Residence Programs on Islamic Calligraphy Education in Indonesian Madrasahs. Asian Journal of Islamic Art, 12(1), 45–60.
Sirojuddin AR, D. (2020). Kisah-kisah kaligrafi: Ajang menulis dan melukis untuk membangun kreativitas. Jakarta: Qaf & IIQ Press.
Sirojuddin, D. (2020). Seni kaligrafi Islam: Perkembangan dan transformasinya di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suharno, S., & Mukhtarom, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Seni Kaligrafi Al- Qur’an. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Di Pendidikan, 3(1). Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/4255
Suryadi, B. (2020). Fostering Creativity and Motivation: The Role of Calligraphy Exhibitions and Competitions in Madrasah Education. Journal of Islamic Education, 9(4), 312– 328.
Waqfin, M. S. I., Umam, I. M., Hildiana, L. V, & Kholid, A. (2021). Pelatihan Dibidang Seni Kaligrafi untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Dan Tenaga Pendidik Di Mi Al-Ihsan Bandarkedungmulyo. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–4.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'