Kelas Khusus Tahfidz dalam Membangun Nuansa Pesantren di Sekolah Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irwan andriawan irwan andriawan
Mulyawan Safwandy Nugraha
Asep Nursobah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keunggulan pendekatan kelas khusus tahfidz yang diterapkan di SMP PGII 1 dalam membentuk nuansa pesantren di lingkungan sekolah Islam. Studi kasus dilakukan untuk mendalami implementasi metode pembelajaran ini serta dampaknya terhadap perkembangan siswa dalam memahami dan menghafal al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan santri, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan kegiatan kelas khusus tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter Islami dan kualitas hafalan al-Qur'an pada santri. Ditemukan bahwa kelas khusus tahfidz di SMP PGII 1 tidak hanya fokus pada aspek hafalan, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai pesantren dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana keunggulan pendekatan ini mampu menciptakan nuansa pesantren yang memperkaya pengalaman pendidikan Islam di sekolah ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
irwan andriawan, I. andriawan, Nugraha, M. S., & Nursobah, A. (2024). Kelas Khusus Tahfidz dalam Membangun Nuansa Pesantren di Sekolah Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 34(2), 48-58. https://doi.org/10.52030/attadbir.v34i2.244

References

Muntakhib, Ahmad & Ta'rif, Ta'rif. (2023). Model Pendidikan Inklusi Di Pesantren Ainul Yakin Gunung Kidul. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 193-205.
Amatullah, Nisrina., & Haq, M. Syahidul. (2022). Sistem Penerimaan Santri Baru di Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Denpasar Bali. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 10 (04). 745-757
Conway, R. N. F. (1991). Have changes in educational services for students with intellectual disability resulted in advances in those students’ qu0ality of life? Australia and New Zealand Journal of Developmental Disabilities, 17(3), 271–283.
Hibatullah, M. R. A. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Choliq Jember pada Tahun Ajaran 2021-2022. http://digilib.uinkhas.ac.id/8707/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/8707/1/T20183151 SKRIPSI RIZAL WATERMARK.pdf
Indri, N., Harahap, Y., Hanani, S., Iqbal, M., Pratama, A. R., Manajemen, P., Islam, P., Islam, U., Sjech, N., Bukittinggi, D., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Mempertahankan Integrasi Sosial : Pandangan Emile Durkheim dalam Sosiologi Pendidikan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 01–11.
Jannah, H. (2019). Pondok Pesantren Sebagai Pusat Otoritas Ulama Madura. Jurnal Al-Hikmah, 17(1), 91–108.
Romlah, S., & Rusdi. (2023). Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembentukan Modal dan Etika. Al-Ibrah, 8(30), 67–85.
Sholehuddin, Tambunan, A., & Karimah, U. (2022). Implementasi Integrasi Kurikulum pada Proses Santri (Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur ’ an Takhassus Banyuwangi ). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2, 1–10.
Siregar, M. K. (2018). Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 16–27.
Suradi, A. (2018). Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 25–43.