Tahapan Kebijakan Pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizal Alfa Rizih
M Rifki Zailufti Zainal
Afriza
Muhammad Amin

Abstract

Tahapan kebijakan pendidikan adalah proses sistematis yang mencakup penyusunan, pelaksanaan, evaluasi, dan revisi kebijakan untuk meningkatkan mutu dan akses pendidikan. Proses ini dimulai dengan identifikasi masalah dan kebutuhan melalui analisis konteks, pengumpulan data, serta konsultasi dengan pemangku kepentingan. Formulasi kebijakan melibatkan perumusan tujuan, strategi, dan sasaran dengan partisipasi dari berbagai pihak seperti pemerintah, akademisi, dan praktisi pendidikan. Implementasi kebijakan melibatkan penerapan rencana yang telah disusun, termasuk pengalokasian sumber daya, pelatihan tenaga pendidik, dan pengembangan kurikulum serta program. Pengawasan dan pemantauan dilakukan untuk memastikan kebijakan berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif. Evaluasi kebijakan menilai efektivitas dan efisiensi, serta menjadi dasar untuk revisi kebijakan agar lebih adaptif terhadap kebutuhan dan tantangan baru. Tahapan kebijakan pendidikan yang terstruktur ini diharapkan dapat menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, adil, dan berkualitas tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rizih, R. A., Zainal, M. R. Z., Afriza, & Amin, M. (2024). Tahapan Kebijakan Pendidikan . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 34(2), 36-47. https://doi.org/10.52030/attadbir.v34i2.279

References

Nurdin, A. (2018). Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Problematika Pendidikan di Indonesia. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(2), 225–238.
Rusli, B. (2020). Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik Yang Responsif. PT Refika Aditama.
Susilo, Dwi. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah," Khazanah Pendidikan. Khazanah Pendidikan, 13(1), 1–12.
Isjoni & Ismail A. (2021). Kebijakan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Ombak.
Lailatul Mutakinati, Kurnia Anam, & R. H. (2020). Kebijakan Pendidikan Karakter Di Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 258–271.
Hajar, M & Muhammad Amin W., K. (2022). Peningkatan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Dalam Optimalisasi Mutu Pendidikan Di Indonesia. Islamic Education Policy Journal, 3(1), 18–32.
Muhammad Kristiawan, D. (2022). Manajemen Pendidikan. Deepublish Publisher.
Marzuki, M & Sofyan, A. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 49–62.
Fadilah, N & Lidya Herlina. (2022). Analisis Kebijakan Publik Dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Journal of Islamic Education Management, 8(1), 102–118.
Cahya, E., O & Yunitasari, R. (2021). Analisis Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. JMP: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(3), 448–458.
Nugroho, R. (2019). Public Policy: Teori Kebijakan - Analisis Kebijakan – Proses. Elex Media Komputindo.
Anggraini, R., R. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kebijakan Pendidikan Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(2), 163–170.
Thalhah, M. N. A. (2021). Kebijakan Publik Bidang Pendidikan. Rajawali Pers.