Dampak Ekonomi dan Sosial pada Penggunaan Layanan Online di Era Digital: Konteks Pemesanan Makanan dan Transportasi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak ekonomi dan sosial pada penggunaan layanan online.Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data, menyajikan data dan penafsiran. Berdasarkan kajian, ditemukan bahwa penggunaan layanan pemesanan makanan dan transportasi secara online mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Adapun dampak ekonominya adalah bisnis dapat mencapai pasar global dengan lebih mudah melalui platform online, memungkinkan mereka untuk menjual produk dan layanan mereka ke seluruh dunia tanpa terbatas oleh lokasi geografis dan layanan online pun telah membuka lapangan kerja baru dalam bidang teknologi informasi, e-commerce dan lain-lain. Adapun dampak sosialnya adalah peningkatan koneksi sosial yang memungkinkan individu untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia selain itupun perubahan pola konsumsi belanja konvensional ke belanja online, yang sering kali lebih praktis dan efisien. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang dinamika perubahan perilaku konsumen dan dampaknya terhadap industri konvensional. Implikasi temuan ini dapat menjadi landasan bagi pengambil kebijakan, pelaku bisnis, dan pihak-pihak terkait dalam mengadaptasi strategi mereka di era digital ini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Clemes, M. D., Gan, C., & Zhang, J. (2014). An empirical analysis of online shopping adoption in Beijing, China. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(3), 364–375. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2013.08.003
Istianto, Bambang,dkk, (2016), Implementasi Kebijakan Transportasi On Line Studi Kasus Di Dki Jakarta, Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat 7(2):213-229 DOI:10.55511/jpsttd.v7i2.38 License CC BY-SA 4.0
Ladhari, R., Gonthier, J., & Lajante, M. (2019). Generation Y and online fashion shopping: Orientations and profiles. Journal of Retailing and Consumer Services, 48(May 2018), 113–121. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.02.003
Paundralingga, Angsoka Yorintha, (2018), Perubahan Struktural Pasar Tenaga Kerja Terkait Ekonomi Digital: Studi Kasus Jasa Transportasi Daring https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian/Documents/WP-BI-No-4-2018.pdf.
Rainer Alt. (2021). Digital transformation in the restaurant industry: Current developments and implications. Journal of Smart Tourism, 1 (1). 69-74.
Safira, M., Chikaraishi, (2023), M. The impact of online food delivery service on eating-out behavior: a case of Multi-Service Transport Platforms (MSTPs) in Indonesia. Transportation 50, 2253–2271.
Styawan, Aji. (2022). Analisis Peluang Bagi Industri Transportasi dan Logistik Online Tanah Air. Diakses dari https://wartaekonomi.co.id/read464663/indef-analisis-peluang-bagi-industri-transportasi-dan-logistik-online-tanah-air.
Vincentius, Vincentius & Suryo Putranto, Leksmono. (2020). Analisis Pengaruh Layanan Pesan Makanan Online Terhadap Perjalanan Berbasis Rumah dan Berbasis Tempat Aktivitas. JMTS Jurnal Mitra Teknik Sipil 3(4):1003.
Wiesje Wilar, H. S. W. A. P. (2020). Pengaruh Transportasi Berbasis Online Terhadap Mobilitas Masyarakat Di Kota Manado. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 9(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/31793