Standarisasi Pendidikan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elih Yuliah

Abstract

Tujuan kajian ini adalah membahas terkait Standarisasi Pendidikan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Metode penelitian yang digunakan yaitu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka. Adapun pendekatan yang dibunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua macam data, yaitu data primer dan data sekunder, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode library research dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitiam ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan kajian Kerangka Kualifikasi Nasional adalah sebuah kebutuhan yang mutlak diperlukan untuk menjawab tantangan global yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Lembaga pendidikan tinggi sebagai penyedia tenega kerja mempunyai andil yang besar dalam menciptakan luaran yang sesuai dengan standar KKNI, oleh sebab itu diperlukan kesamaan visi dalam menyusun kurikulum yang berbasis KKNI.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliah, E. (2022). Standarisasi Pendidikan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 51-67. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/159

References

Direktorat Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah Alternatif Penyusunan Kurikulum. Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012). Booklet KerangkaKualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008). Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Edisi I. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Fattah, Nanang. (2004). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bina Aksara
Gaffar. (1989). Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: P2LPTK.
Hadi, Sutrisno. (2002). Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hersey, Paul & Kenneth. H. Blanchard. (2013). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayungan Sumber Daya Manusia. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.
Muhaimin, dkk. (2010). Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah /Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Mulia Group.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 (Permendikbud No.73/2013) tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012. Diakses dari www.kemenakertrans.go.id, pada September 2022.
Pidarta, Made. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. 1. Jakarta: Bina Aksara.
Sukirman, Silvia. (2004). Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendikia.
Sumanto, Sumanto. (2014). Teori dan Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).