Pemikiran K. H. Ahmad Sanusi tentang Pendidikan Agama Islam dalam Kitab Sirojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Irfan Surya Solehudin

Abstract

Ulama yang telah wafat ruh perjuangan dan keberkahannya akan selalu ada dan dirasakan. K. H. Ahmad Sanusi adalah ulama yang selalu memberikan penerangan melalui karya-karyanya, sehingga menjadi sebuah keilmuan yang dapat dirasakan manfaatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Pendidikan Agama Islam menurut K. H. Ahmad Sanusi dalam Kitab Siroojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiya. Metode yang digunakan ialah penelitian pustaka (Library Research). Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian bahwa kitab Sirojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiyah adalah termasuk ke dalam jenis kitab bidang Tasawuf. Kitab ini merupakan syarh/penjelasan dari kitab Hidayatul Adzkiya karya Syaikh Zainudin Malibari. Kitab ini berisi 187 bait beraksara  pegon sunda. Kitab ini menjelaskan tentang trilogi tasawuf, yaitu thariqah, hakikat dan syariat. K. H. Ahmad Sanusi menuturkan bahwa orang yang hendak menelusuri kepada thariqat para wali Allah (Auliya) harus memegang kepada wasiat yang sembilan untuk menempuh ridha-Nya, di antaranya yaitu al-Taubah (taubat), al-Qana’ah (merasa cukup), Ta’allum ‘Ilm (menuntut ilmu), Hifzh al-Waqt (tepat waktu), Muhafazhatu ‘ala al-Sunan (menjaga sunnah), al-Ikhlash (ikhlas), Zuhd (zuhud), al-Istiqamah, dan al-Tawakkal (berserah diri). Sembilan wasiat tersebut akan melatih dan membantu ruhaniah kita menjadi insan yang lebih baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Surya Solehudin, M. I. (2023). Pemikiran K. H. Ahmad Sanusi tentang Pendidikan Agama Islam dalam Kitab Sirojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiya. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-15. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/233

References

Abu Bakar, Sayyid. (tt). Kifayatul Atkiya’ Wa Minhajul Ashfiya’. Surabaya: Al Hidayah, t.t.,) hlm. 14
Christiana, Esther. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia". Humaniora. 4 (Pendidikan).
Wikipedia.org. (2021). Pendidikan yang memanusiakan. Diakses dari https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pendidikan_yang_memanusiakan&action=edit§ion=2 pada hari Minggu, 4 April 2021.
Iskandar, Mohammad. (1993). Kyai Haji Ajengan Ahmad Sanoesi. Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Umat Islam.
Kyai Haji Ahmad Sanusi. (1888). Sirojul Adzkiyah fii Tarjamatil Azkiya.
Muhaimin, Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Shaleh, Munandi. (2016). KH Ahmad Sanusi, Pemikiran dan Perjuangannya dalam pergolakan nasional. Tangerang Timur, Jelajah Nusa.
Soebahar, Halim. (2002). Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Uhbiyati, Nur. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Wawancara bersama Dra. Hj. Neni Fauziah, M.Ag (Ketua Umum YASPI Pontren Syamsul ‘Ulum) pada tanggal 26 Juli 2021
Zuhairini, Zuhairini. (1991). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.