Evaluasi Program Remedial pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Euis siti sarah
Hilma nadzifa
Nadifa Mutmainah
Dudun Najmudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program remedial, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap pemahaman siswa dan prestasi akademik mereka. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen seperti catatan perkembangan siswa dan hasil evaluasi program.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, terbukti dari peningkatan signifikan dalam nilai ujian dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya perencanaan yang matang, implementasi yang konsisten, serta evaluasi yang berkelanjutan dalam mendukung keberhasilan program remedial.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Euis siti sarah, Hilma nadzifa, Nadifa Mutmainah, & Dudun Najmudin. (2024). Evaluasi Program Remedial pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 26-40. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/296

References

Cruz, A. (2018). The Importance of Initial Evaluation in Remedial Programs. Journal of Educational Psychology, 25(3), 45-58.
Handayani, S. (2019). Intensive Monitoring of Student Progress in Remedial Programs. Journal of Educational Research and Evaluation, 18(2), 89-102.
Indrawan, D. (2020). Regular Evaluation and Adjustment in Remedial Education. Journal of Educational Psychology, 28(1), 45-58.
Martinez, L. (2021). Efficient Resource Management in Remedial Education. Journal of Educational Administration, 30(4), 210-225.
Mulyadi, B. (2019). Impact of Remedial Programs on Academic Achievement. International Journal of Educational Development, 25(4), 180-195.
Nugraha, H. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Program Remedial di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 85-95.
Pratama, B. (2020). Comprehensive Evaluation of Remedial Program Outcomes. Educational Psychology Review, 27(3), 150-165.
Rahayu, S. (2018). Effectiveness of Remedial Programs in Improving Students' Understanding. Journal of Educational Research and Evaluation, 17(3), 120-135.
Rahman, M. (2020). Adaptive Teaching Strategies in Remedial Programs. International Journal of Educational Research, 18(1), 78-89.
Rahmawati, D. (2019). Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 150-160.
Rikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, B. (2017). Identifying Target Groups in Remedial Programs. Journal of Educational Research, 15(2), 78-92.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suriadi, B. (2019). Setting Clear Goals in Remedial Education. Educational Leadership Review, 12(2), 110-125.
Suryani, A. (2020). Pengaruh Program Remedial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 12(3), 210-220.
Susanti, A. (2020). Motivation and Confidence Building in Remedial Programs. Journal of Educational Psychology, 29(2), 89-102.
Susanto, C. (2019). Consistency in Implementing Remedial Programs. Educational Leadership Review, 12(3), 150-165.
Utami, R. (2021). Feedback from Students and Teachers in Remedial Programs. Journal of Educational Administration and Policy Studies, 30(4), 210-225.
Wijaya, A. (2018). Structured Learning Design in Remedial Education. International Journal of Educational Development, 22(4), 210-225.