Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kajian ilmiah ini membahas mengenai Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode sampling total yaitu seluruh anggota populasi sebagai responden pemberi informasi, yaitu dengan melibatkan seluruh peserta didik Madrasah Aliyah Nurul Islam Kota Sukabumi sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan mengisi soal tes dianalisis dengan regresi linier sederhana yang dilanjutkan dengan uji t untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Reciprocal Teaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Madrasah Aliyah Nurul Islam Kota Sukabumi dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,235 dan nilai thitung > ttabel (3,449 > 2,048) pada taraf signifikasi 0,002 < 0,05. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, kurangnya memahami pelajaran, dan monoton. Pada model pembelajaran Reciprocal Teaching peserta didik dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil berdasarkan kemampuan setiap peserta didik. Hal ini bertujuan agar kemampuan dari setiap kelompok semua sama dan dapat menumbuhkan cara berpikir kritis peserta didik pada saat pembelajaran
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Hanafi. (2009). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dirjen Pendidikan Islam Depag RI
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustajab, W., Hadi Senen, S., & Waspada, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Koperasi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, II, 52–56. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.920
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Shoimin, Aris. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta : Ar Ruzz.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zakiyah, L & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.