Implementasi Metode Mind mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Hasanah Ismatullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode mind mapping dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Birrul Walidain, Kota Sukabumi, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep PAI, meningkatkan kreativitas, dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Guru menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang mencakup teknik ini, dan pelatihan awal diberikan untuk memfasilitasi siswa dalam membuat mind map. Meskipun terdapat tantangan, seperti kesulitan siswa dalam menyusun mind map dan keterbatasan waktu, respon positif siswa menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka. Temuan ini merekomendasikan penerapan lebih lanjut metode mind mapping dalam pembelajaran PAI, sejalan dengan prinsip kurikulum merdeka yang mendukung pengembangan kreativitas siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ismatullah, N. H. (2024). Implementasi Metode Mind mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 41-52. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/347

References

Acesta, Arrofa. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4, No.2b, 581-586
Adilah, Nida. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, Vol 1 No 1, 98-103
Buzan, Tony. (2005). Buku Pintar Mind map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Cipta
Elita, Upik. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Volume 1, Nomor 2, 177-182, e-ISSN : 2598-7453 DOI : https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372
Hidayat, Heri., Mulyani, Heny., Fatimah, Ajeng Siti., Sholihat, Amalia., & Latifah, Ana Zulfia. (2020. Penerapan Metode Mind mappinguntukmeningkatkan Kreativitaspada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, Volume 21 Nomor 1, 38-50
Kustian, Nina Gantina. (2021). Penggunaan Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Academia : Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol 1. No 1, 30-37
Mutmainnah, Ayu Mentari & Ria, Pelen Rida. (2024). Penerapan Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 13 No. 1, 31-38
Ramadhani, K. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam. Guepedi
Ramadhani, K., & Hariyadi, A. S. (2022). The Principal’s Role In Maintaining Teacher Commitment Through Quality Culture After The Covid-19 Pandemic. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i1.17400
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Tambunan, P. K., Pertiwi, C., Wicaksono, R. S., Wahyudi, D., & Simamora, V. (2023). Penerapan Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur. JAPENDI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 205-214 https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1613
Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta Timur: Bumi Aksara
Windura, S. (2008). Mind map: Langkah Demi Langkah. Jakarta: Alex Media Kom