Kontekstualisasi Filsafat Ilmu di Pesantren: Menjawab Tantangan Zaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hardiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkontekstualisasikan filsafat ilmu dalam pendidikan pesantren guna mengintegrasikan tradisi keilmuan Islam dengan ilmu pengetahuan modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi di beberapa pesantren di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan filsafat ilmu di pesantren mampu meningkatkan daya kritis santri dalam memahami ilmu keislaman sekaligus mendorong keterbukaan terhadap perkembangan ilmu modern. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam hal adaptasi metode pembelajaran yang sesuai dengan tradisi pesantren. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi filsafat ilmu dalam kurikulum pesantren tidak hanya memperkuat identitas keislaman tetapi juga meningkatkan relevansi pesantren dalam menjawab tantangan global.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hardiman. (2024). Kontekstualisasi Filsafat Ilmu di Pesantren: Menjawab Tantangan Zaman. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 53-64. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/348

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas. Pembelajaran. Fikrotuna, 7 (1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1981). Islam dan Skularisme. Trj. Karsidjo Djojosuwarno. Bandung: Penerbit Pustaka Perpustakaan Salman ITB.
Anita., Hasan, Mustaqim., Warisno, Andi., Anshori, M Afif & Andari, An An. (2022). Pesantren, Kepemimpinan Kiai, dan Ajaran Tarekat sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. (2022). Scaffolding Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(no). 509-524.
Anwar, Khairul., Salminawati, Salminawati., & Usiono, Usiono. (2024). Systematic Literature Review (SLR) : Integrasi Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1296–1306. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.432
Aufin, Mohammad. (2016). Kontribusi KH. Imam Zarkasyi dalam Pemikiran Pendidikan Islam (Pesantren). Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam 1 (2). 145–163.
Farhan, Muhammad., Irawan & Hasanah Aan. (2024). Sikap Ilmiah Sebagai Pembentuk Iman dan Takwa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Alam Semesta Di Pesantren. Literasi Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1). 1-13.
Kuntowijoyo. (2001). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang. Budaya.
Maliki, Budi Ilham., Susanti, Heni., Syarifudin,, Encep & Fauzi, Anis. (2023). Kemampuan Berpikir Filsafat dalam Perkembangan Ilmu Pendidikan pada Generasi Z Di Sekolah Berbasis Islam di Provinsi Banten. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). 421-432.
Mu’minah, Najwa. (2015). Character Building dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih. Jurnal Filsafat, 25(1). 100-133
Muntaha. (2021). Kepemimpinan Ekologis Kiai Dalam Membentuk Pesantren Berbudaya Lingkungan. An-Nafah Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1(1). 1-11.