Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Kedisiplinan Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dewasa ini kebutuhan akan SDM yang berkarakter positif sangat mendesak. Maka berdirinya SMPIT Yaspida Sukabumi yang menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu tujuan pokoknya cukup melegakan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti memilih tempat tersebut sebagai lokus penelitian dengan harapan dapat mengetahui implikasi penerapan pendidikan karakter di sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengesahan diusahakan melalui proses triangulasi data dan pengamatan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima karakter utama dalam pendidikan di SMPIT Yaspida, yaitu nilai-nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, kerja keras dan kemandirian. Internalisasi kelima nilai tersebut diusahakan melalui berbagai kegiatan rutin di SMPIT Yaspida. Implikasinya, kedisiplinan peserta didik di SMPIT Yaspida tumbuh dengan baik dalam diri para peserta didik.