Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Kedisiplinan Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Herna Hendarina
Ridhawati

Abstract

Dewasa  ini  kebutuhan  akan  SDM  yang  berkarakter  positif sangat mendesak. Maka berdirinya SMPIT Yaspida  Sukabumi  yang  menjadikan  pendidikan  karakter  sebagai  salah satu tujuan pokoknya cukup melegakan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti memilih tempat tersebut sebagai lokus penelitian dengan harapan dapat mengetahui implikasi penerapan pendidikan karakter di sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengesahan diusahakan melalui proses triangulasi data dan pengamatan menyeluruh. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  ada  lima  karakter utama  dalam pendidikan di SMPIT Yaspida, yaitu nilai-nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, kerja keras dan  kemandirian.  Internalisasi  kelima  nilai  tersebut  diusahakan melalui berbagai kegiatan rutin di SMPIT Yaspida. Implikasinya, kedisiplinan peserta didik di SMPIT Yaspida tumbuh dengan baik dalam diri para peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hendarina, H., & Ridhawati. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Kedisiplinan Peserta Didik. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2(1), 1-16. https://doi.org/10.52030/manhajuna.v2i1.136