Kajian Kontekstual Kitab Akhlaqul Banin dalam Membentuk Karakter Santri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ridwan Saepudin
Beni Kurniawan

Abstract

Dalam kitab Akhlaq lil Banin dijelaskan tentang pendidikan karakter yang perlu diterapkan dalam pendidikan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter menurut kitab Akhlaqul Banin, mengetahui faktor apa saja yang mengakibatkan rusaknya karakter seorang anak dan untuk mengetahui nilai-nilai kontekstual apa saja yang terdapat dalam kitab Akhlaqul Banin.Pendekatan yang digunakan pada   penelitian  ini  adalah  kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Falah  Nurul  Huda  Cibucil- Jonggol. Subjek dominan dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajarkan kitab Akhlak Lil Banin   dan   para   santri,   namun untuk  memperoleh  data  yang akurat  maka  diperlukan  juga adanya  pendiskusian  dengan subjek yang lain seperti para Asatidz dan para mudabbir yang ada di lingkungan Pondok Pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Akhlaqul Banin dijelaskan tentang pendidikan karakter yang perlu diterapkan dalam pendidikan akhlak seseorang diantaranya, karakter religius, peduli lingkungan, cinta kebersihan dan peduli sosial. Rusaknya akhlak seseorang dapat dipacu oleh tidak adanya rasa cinta dalam diri seseorang khususnya mencintai Allah dan Rasulnya, karena hal tersebut menjadikan mereka tidak dapat membedakan mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang tercantum dalam kitab Akhlaq lil banin jilid 1 menjadi acuan bagi siapapun yang mempelajarinya untuk  memahami apa  saja  adab  yang perlu  dilakukan untuk  membangun akhlak  yang  baik  bagi  diri. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saepudin, R., & Kurniawan, B. (2021). Kajian Kontekstual Kitab Akhlaqul Banin dalam Membentuk Karakter Santri. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2(1), 40-52. https://doi.org/10.52030/manhajuna.v2i1.138