Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Nuralam
Rasyid Ridlo

Abstract

Prestasi belajar peserta didik sangatlah beragam, hal ini terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah faktor dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kepribadian guru Akidah akhlak secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Manar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Al-Manar dan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 82 responden peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diawali dengan analisis uji asumsi klasik. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara bersama-sama antara kompetensi profesional dan kepribadian guru Akidah akhlak terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Manar, hal ini berdasarkan uji F dengan diperoleh nilai sig 0,00 > 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,841 atau 84,1 %.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nuralam, R., & Ridlo, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik . Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2(1), 65-75. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/139