Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ridwan Saepudin
Beni Kurniawan

Abstract

Reward dan punishment menjadi bagian dari proses pembelajaran. Kurangnya kedisiplinan dalam belajar peserta didik menjadikan reward dan punishment sebagai alternatif guru PAI dalam mendisiplinkan belajar peserta didik SMP IT Assakinah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak reward dan punishment dan proses mendisiplinkan peserta didik peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian dua orang guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) bentuk reward dan punishment meliputi: a) Reward verbal (berupa pujian, mengiyakan dan menyatakan sependapat terhadap argumen peserta didik), b) Reward nonverbal (berupa pemberian alat tulis, buku, pulpen dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi peserta didik). 2) Sementara punishment meliputi: a) Pemberian tugas (membaca buku dan menghafal ayat ataupun hadits), b) Membersihkan tempat ibadah, dan c) Membersihkan lingkungan sekolah. 3) Penerapan reward dan punishment memberikan perubahan kesediplinan pada peserta didik berupa perubahan sikap, aktif dan lebih menghargai guru dan sesama peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saepudin , R., & Kurniawan, B. (2022). Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan . Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 3(1), 12-20. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/142