Transformasi Kebijakan Madrasah dari Nizham al-Mulk sampai Masa Awal Kemerdekaan Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rasyid Ridlo

Abstract

Tercatatnya lembaga pendidikan yang bernama “Madrasah” di dalam BP-KNIP tanggal 27 Desember 1945 merupakan awal perjuangan dari warga madrasah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana tranformasi madrasah yang dibangun oleh Khalifah Bani saljuk sampai hadir di Indonesia dan tercatat dalam Kebijakan Nasional. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan library research dan bersifat kualitatif.  Penelitian ini menemukan bahwa terjadi tranformasi madrasah sejak dari Madrasah Nizamiah sampai ke Indonesia, lembaga pendidikan yang bernama Madrasah di baghdad menginspirasi institusi pendidikan Islam di Indonesia yang dibawa oleh kerajaan di Indonesia. Kedatangan Belanda dan Jepang dengan mengeluarkan kebijakan pendidikan maka lembaga pendidikan Islam bertranformasi.   Setelah Indonesia merdeka, pendidikan agama telah mendapat perhatian pemerintah, baik yang diselenggarakan negara maupun swasta.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ridlo , R. (2022). Transformasi Kebijakan Madrasah dari Nizham al-Mulk sampai Masa Awal Kemerdekaan Indonesia. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 3(1), 21-33. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/143