Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Atep Saepudin
Elih Yuliah
Rasyid Ridlo
Enung Nurjannah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas perencanaan dan aktivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk akhlak peserta didik MTs Nurul Huda Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan pendekatan fenomenologis yang menekankan kehidupan sehari-hari di sekolah tersebut. Berdasarkan penelitian, perencanaan pembelajaran menitikberatkan pada tujuan pembelajaran, materi yang relevan, proses pembelajaran yang efektif, serta evaluasi untuk menilai pencapaian tujuan. Aktivitas pembelajaran mengacu pada kurikulum yang bertujuan memperkuat akidah, akhlak, wawasan, dan profesionalisme peserta didik. Namun, terdapat hambatan seperti faktor intrinsik (sikap malas, kurang disiplin), ekstrinsik (kompetensi guru yang bervariasi, dukungan keluarga yang kurang), dan lingkungan sosial yang masih tradisional, serta kendala ekonomi keluarga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saepudin, A., Yuliah, E., Ridlo, R., & Nurjannah, E. (2024). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik . Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 5(1), 76-83. https://doi.org/10.52030/manhajuna.v5i1.246

References

A., A.E. Affifi. (1989). Phiysical Philosopy of Muhyiddin Ibnu Arabi, (trj). Jakarta: Gaya Media Pratama.
Aly, Hery Noer. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Amin, Muhammad. (1992). Konsep Masyarakat Islam Upaya Mencari Identitas dalam Era Modernisasi. Jakarta: Fikahati Aneska.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Mahzar, Armahedi. (1983). Integralisme: Sebuah Rekonstruksi Filsafat Islam. Bandung: Pustaka.
Nurjanah, Enung. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Bandung: Yrama Widya.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi pembelajaran Berorientasi Strr Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uhbiyati, Nur. (1997). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani Islamic Publisher.