Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rasyid Ridlo
Jasmansyah
Kusoy Anwarudin
Ridhawati
Ujang Sutisna

Abstract

Penelitian ini mendokumentasikan peran kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Haq, Kabupaten Sukabumi. Melalui pendekatan kualitatif yang mendalam, penelitian ini mengeksplorasi strategi kepala sekolah dalam memfasilitasi partisipasi aktif guru dalam pengambilan keputusan, menerapkan program pengembangan profesional, dan membangun komunikasi terbuka dalam lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif yang diterapkan kepala sekolah telah berhasil menciptakan lingkungan inklusif dan memperkuat rasa kepemilikan guru terhadap proses pendidikan. Langkah-langkah strategis seperti pelatihan rutin, mentoring, dan evaluasi kinerja menjadi landasan utama dalam upaya meningkatkan kompetensi dan motivasi pengajar. Meskipun dihadapkan pada keterbatasan anggaran dan resistensi terhadap perubahan, kepala madrasah berhasil mengatasi hambatan tersebut dengan penyusunan anggaran efisien dan pendekatan personal yang berfokus pada pendukungan individu. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana kepemimpinan yang efektif dapat memengaruhi kualitas pendidikan di madrasah, dengan menggabungkan teori-teori kepemimpinan dan manajemen perubahan yang relevan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ridlo, R., Jasmansyah, Anwarudin, K., Ridhawati, & Sutisna, U. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 5(1), 11-24. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/327

References

Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bogdan, Biklen. (1982). Pengantar studi Penelitian. Bandung: PT Alfabeta.
Browns, C. R. (2000). Efikasi diri pengambilan keputusan karir wanita yang babak belur: Wawasan lebih lanjut dan faktor-faktor yang berkontribusi. Jurnal Penilaian Karir.
Guskey, T. R. (2000). Evaluating professional development. Corwin Press.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Madrasah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Bandung: PT. Remaja.
Smith, J. (2018). Reducing Bias in Leadership Decisions: Google’s Approach. Human Resource Management Journal.
Yodiq, Muhammad. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Menengah Atas Islam Samarinda. Journal Ilmu Komunikasi, 4 (2).
Yukl, G. (1994). Leadership in organizations (3rd ed.). Prentice-Hall.