Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Della Dhienytha Oktavia
Wahyu Hidayat

Abstract

Bagian tata usaha sangat berperan dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran melalui penerapan manajemen. Namun, masih banyak ditemukan kegiatan administrasi yang kurang efisien karena penerapan manajemen yang kurang baik, sehingga layanan administrasi masih kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cileunyi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Cileunyi telah melakukan fungsi-fungsi manajemen tata usaha yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan baik. Perencanaannya meliputi pemilihan staf, penetapan pembagian tugas, keterlibatan beberapa pihak, perumusan strategi dengan memperhatikan kebutuhan sarana dan prasarana. Pelaksanaanya yaitu dengan menjalankan apa yang telah menjadi bagian dalam perencanaan. Hasil evaluasi dari manajemen tata usaha di sekolah ini didapat melalui peninjauan kembali yang menunjukkan bahwa layanan administrasi yang diberikan dinilai cukup memuaskan dengan diimplementasikannya beberapa kegiatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktavia, D. D., & Hidayat, W. (2025). Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi . NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 41-50. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v10i1.241

References

Al Gholaini, Alifiyah Puspita. (2022). Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Layanan Akademik Siswa di MAN 7 Jombang. [Tesis]. Kediri : IAIN.
Amirudin. 2017. Kinerja Pegawai Tata Usaha dengan Mutu Layanan Administrasi di Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. 7. (1).
Athoillah, Anton. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Pustaka Setia
Kediri. Amirudin. (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha dengan Mutu Layanan Administrasi di Madrasah Al Idarah. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 126–145. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.2254
Dewi, L. S. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Bogor: Guepedia.
Huzaini, A. (2021). Implementasi Kebijakan Permendiknas No 24 Tahun 2008 Tentang Tenaga Administrasi SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru. Manajemen Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.108-122
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p232
Mustofa, M. L. (2012). Monitoring dan Evaluasi. Malang: UIN Maliki Press.
Rohmah, N. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.
Said, W. R., & Basri, S. (2022). Manajemen Layanan Ketatausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1), 23–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.9771
Suwatno, & Priansa, D. J. (2013). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.