Perencanaan Model William Edward Deming

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mey Mayangsari
Nur Ulwiyah
Uswatun Qoyyimah

Abstract

Pengkajian Total Quality Management (TQM)  menurut perspektif William Edward Deming sangat penting untuk dilakukan guna menemukan konstruksi teoritis diterapkannya Total Quality Management (TQM) di lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan model William Edward Deming, terutama dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis library research. Sumber data yang dijadikan acuan pada penelitian ini yaitu buku, website, makalah dan artikel ilmiah dari berbagai jurnal. Hasil dari penelitian ini yaitu secara umum, William Edward Deming mengedepankan langkah antisipasi atau pencegahan dalam manajemen perbaikan kualitas. Sejalan dengan itu, dapat dilihat bahwa Deming ingin menyampaikan bahwa peningkatan kualitas dimulai dari tujuan, melakukan perbaikan secara berkelanjutan dengan memfokuskan pada pendidikan dan latihan dengan harapan kegiatan berjalan dengan lancar menghasilkan kualitas yang baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mayangsari, M., Ulwiyah , N., & Qoyyimah, U. (2024). Perencanaan Model William Edward Deming. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 52-66. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v9i1.261

References

Hasanah, Muwahidah Nur. (2019). Manajemen Mutu Dan Jaminan Mutu Sekolah Unggul. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam 5, (2). 148-170.
Iflaha, Nurul & Sudarsono, Sudarsono. (2022). Penerapan Konsep Deming Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Pendidikan di MA Darussalam Jember. Widya Balina 7 (2). 500-509.
Luwiharsih, Dr, Msc. ( 2019). ISQua Accreditation Organisation.. Plan, Do, Study, Act (PDSA) Cycles And The Model For Improvement. T.tp 20.
Majidah, Rima. (2021). Implementasi Konsep Total Quality Management (TQM) William Edward Deming dalam Pengembangan Mutu Peserta Didik Program Pembelajaran Intensive Science Class (ISC) MAN 1 Darussalam Ciamis Jawa Barat. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6 (1). 71-98.
Meichaty, Alef (2021). Budaya Kerja Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Cendekia Jambi, 2 (1). 37-53.
Moen, R., and Norman, C., (2009). The History of the PDCA Cycle. Proceedings of the 7th ANQ Congress Tokyo 2009, September 17, 2009.
Mubin, Fatkhul & Arfeinia, Rizka. (2020). Penerapan (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Perspektif Konsep Edward Deming Dan Joseph Juran. (: 1-18
Sastrawan, Ketut Bali. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. (2). 203-213.
Sirojudin, Didin, dan M. Dzikrul Hakim Al Ghozali. "Kontribusi mutu pendidikan william. Edward deming dalam mengembangkan konsep total quality management." Jurnal penjaminan mutu 5 Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi 7, no. 2 (2022): 32-40.
Susila, Eka., Sagita Chan, Sari Rukmana Okta dan Wahono, Sentot. (2020). Buku Kerja Praktek Mahasiswa (BKPM) Pendekatan dan Sistem Manajemen Mutu.
Umar, Mardan, dan Ismail, Feiby. (2018). Peningkatan mutu lembaga pendidikan ISLAM (Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra, 11 (2). 1-24.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'