Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dudun Najmudin
Ilham Pebrian
Lia Susanti
Randi Ahmad Rivandi

Abstract

Kepemimpinan memiliki peran strategis dalam efektivitas manajemen pendidikan Islam, terutama di madrasah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen pendidikan Islam. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) untuk mengeksplorasi model kepemimpinan transformasional, kolegial, demokratis, dan karismatik dalam mengelola lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif harus berbasis nilai-nilai Islam, adaptif terhadap perkembangan zaman, serta mampu mengintegrasikan teknologi dalam pengelolaan pendidikan. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya sumber daya manusia yang kompeten, minimnya pemanfaatan teknologi, serta keterbatasan finansial. Strategi yang direkomendasikan mencakup penguatan kaderisasi, digitalisasi sistem manajemen, serta diversifikasi sumber pendanaan. Dengan kepemimpinan yang visioner dan inovatif, madrasah dapat berkembang menjadi lembaga yang kompetitif secara global tanpa meninggalkan nilai-nilai Islam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Najmudin, D., Pebrian, I., Susanti, L., & Rivandi, R. A. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 19-32. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v10i1.402

References

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Tantangan Ilmu Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 1070–1077. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322
Daulay, M. R., & Pulungan, H. R. (2024). Efektivitas dan Kualitas Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 120–147. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.668
Davidavičienė, V. (2018). Research methodology: An introduction. In Modernizing the academic teaching and research environment: Methodologies and cases in business research (pp. 1-23). Cham: Springer International Publishing.
Edwards, S. R. (2024). Training the Trainers: The Work of Student Affairs Professionals in Leadership Training. New Directions for Student Leadership, 2024(184), 33–42. https://doi.org/10.1002/yd.20638
Fang, Y., Keyuraphan, L., Sutheeniran, N., & Dechhome, P. (2024). The Purpose Model for Improving Digital Management in Universities in Guangxi. World Journal of Education, 14(1), 1-11.
Fatmawati, F. (2023). Islamic Religious Education: Foundation for Resistance Against Corruption. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 2048-2054.
Firman. (2024). Inovasi Islam Pembelajaran Di Era Digital. 7, 9035–9044.
Hadi, A. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 269. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5260
Hafizatul, S., Zain, W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur ’ an dan Hadis. 2, 199–215.
Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93–116.
Hussain, S., & Read, J. N. G. (2015). Islamic schools in the United States and England: Implications for integration and social cohesion. Social Compass, 62(4), 556-569.
Kryshtanovych, S., Inozemtseva, O., Voloshyna, O., Ostapiovska, I., & Dubrova, O. (2023). Modeling the Effective Digitalization of the Education Management System in the Context of Sustainable Development. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(5), 1507–1514. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180521
Kulsum, U., Munirom, A., Sayuti, A., & Waluyo, B. (2024). Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam : Integrasi Ilmu Dunia Dan Akhirat. 03(09), 22–33.
Maghfuri, A., & Sabarudin, S. (2021). Synergistic Management: Harmonizing Management of Madrasah-Pesantren within One Framework as Integrated Educational Institution. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 5(2), 185-202.
Morris, R. J., & Cahill, M. (2017). A study of how we study: Methodologies of school library research 2007 through July 2015. School Library Research, 20.
Mubarok, R. (2021). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 13(01), 27–44. https://doi.org/10.55799/jalr.v13i01.11
Norman, E., Paramansyah, A., Pahlawati, E., Mutaqim, I., Islam, U., Bangsa, B., Bekasi, P., Pendidikan, E., Data, M., & Kurikulum, P. (2024). Penguatan sistem manajemen berbasis teknologi di pesantren untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan. 03(01), 176–182.
Obee, A. F., Hart, K., & Fabiano, G. A. (2022). Professional Development Targeting Classroom Management and Behavioral Support Skills in Early Childhood Settings: A Systematic Review. School Mental Health, 15(2), 339–369. https://doi.org/10.1007/s12310-022-09562-x
Popova, S. V., Petrischeva, L. P., Popova, E. E., & Ushakova, O. V. (2020, November). Modern educational formats: technology of flipped chemistry teaching. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1691, No. 1, p. 012193). IOP Publishing.
Pratiwi, R. E., Meirani, N., Khumairah, K., Saharan, M. S., & Hassan, H. E. (2023). Crowdfunding: As an Alternative to Islamic Funding. Journal of Business Studies and Management Review, 6(2), 109-117.
Rahayani, Y. (2017). Restructuring and redesigning the pesantren toward an effective educational institution. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 147-127.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.
Seemiller, C., & Priest, K. L. (2015). The Hidden “Who” in Leadership Education: Conceptualizing Leadership Educator Professional Identity Development. Journal of Leadership Education, 14(3), 132–151. https://doi.org/10.12806/v14/i3/t2
Siswanti, I., & Prowanta, E. (2021). Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 179-190.
Siyi, C., Yu, Q., & Al-Samawi, A. (2023). Effects of digital education on human resource development. Human Systems Management, 42(6), 691-706.
Sulastri, S. E., Sari, T. L., Marlina, Y., Wijaya, E. R., & Hidayah, N. (2022). Operational Financial Management of Jami'atul Qura'wal Hufadz Islamic Boarding School Palembang. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(2), 181-190.
Suwardi, W. Z. (2022). Efek Inflasi, Pengeluaran Pemerintah, Kredit Perbankan, Dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia (2000-2020)= The Inflation Effects, Government Expenses, Banking Loans, And Minimum Payment Towards Employment Absorption In Indonesia (2000-2020) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Syam, A. R. (2017). Urgensi budaya organisasi untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Wahyudin, A. (2024). Application of Style Leadership Transformational in Islamic Education Institutions. Ar-Rosikhun Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 218–226. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v3i3.27705
Wahyunitasari, E. D., Sopingi, I., & Musfiroh, A. (2023). Analisis peran lembaga keuangan syariah dalam perekonomian Indonesia: Sebuah pendekatan library research. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 4(2), 103-114.
Wibowo, W. D., & Wakhudin, W. (2021). The Roles of Leadership Principal to Improving of Education Quality through Managerial Competence. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 79-82.
Yang, L.-H., Liu, B., & Liu, J. (2021). Research and Development Talents Training in China Universities—Based on the Consideration of Education Management Cost Planning. Sustainability, 13(17), 9583. https://doi.org/10.3390/su13179583
Zakiya, N., Irsyad, I., Rusdinal, R., & Nellitawati, N. (2023). Management Integrative Curriculum for Modern Islamic Boarding Schools Based on Kulliyatul Mu'allimin Al Islamiyyah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 541-553.