Manajemen Strategik Pengembangan Budaya Akademik Madrasah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Prayoga
Irawan

Abstract

Budaya akademik yang belum diterapkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah diantaranya kedisiplinan peserta didik dan pendidik, pendidik yang merangkap jabatan di eksternal madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi manajerial madrasah dalam mengembangkan budaya akademik sesuai dengan visi dan misi lembaga. Metode penelitian yang menggunakan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengungkap fenomena yang terjadi di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang, Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan studi wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah tentang kurikulum dan pendidik, studi dokumentasi yang berkaitan dengan budaya akademik madrasah dan observasi lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, visi dan misi dirumuskan sesuai dengan landasan nasional dan pedoman pendidikan; kedua, rencana strategis dibagi menjadi tiga yaitu pendek, sedang dan panjang; ketiga, pengembangan diri mencakup tiga jenis, yaitu konseling, ekstrakurikuler dan habituation; keempat, landasan penyusunan budaya organisasi yaitu sosial budaya, yuridis dan Islami; kelima, pengaturan operasional berdasarkan Islam, nasionalisme dan budaya.Budaya akademik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prayoga, A., & Irawan. (2020). Manajemen Strategik Pengembangan Budaya Akademik Madrasah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 14-30. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v5i1.47

References

Barbera, E. (2019). Wawancara oleh Ari Prayoga. Wawancara Tenaga Pendidik tentang Budaya Akademik Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Researcher.
Beck, M. C., & Irawan, I. (2016). Islam, Pancasila and Value Systems of Indonesian National Education. Jurnal Pendidikan Islam, 01(01), 1–23.
Buckley, P., & Irawan, I. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 02(01), 1–29.
Dian, D., & Prayoga, A. (2019). Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 04(04), 548–558.
Dokumen MM. (2019). Dokumen Pengembangan Diri (Program Layanan Konseling dan Program Ekstrakurikulum). Sumedang.
Hayati, N. R. (2019a). Evaluasi Diri Kepala Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Researcher.
Hayati, N. R. (2019b). Rencana Kerja Tahunan (RKT) Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Researcher.
Hayati, N. R. (2019c). Wawancara oleh Ari Prayoga. Wawancara Pengelolaan Dokumentasi Akademik Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Researcher.
Kaffah, D. Q., & Prayoga, A. (2019). Kepemimpinan soft Power Kepala Sekolah Di SMP Islam. Al-Mau’izhoh, 01(02), 43–49. Diakses dari http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/1676
Kemenag RI. Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah (2013). Jakarta.
Kemendiknas. Undang undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta.
Komarudin, D. (2019a). Dokumen 1 Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.
Komarudin, D. (2019b). Rencana Kerja Madrasah (RKM) MAS Darussalam Sumedang. Sumedang: Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.
Komarudin, D. (2019c). Wawancara oleh Ari Prayoga. Wawancara Administrasi Prorgam Kerja Akademik Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.
Maemunah, & Mujahidin, E. (2015). Upaya Membangun Budaya Akademik Guru Madrasah (Sebuah Langkah Awal). Fikrah, 7(2). Diakses dari http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/118.
Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muntaqo, R., & Al Halim, A. A. (2017). Peningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Organisasi Di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 1(1). Diakses dari https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/66
Neprializa, N. (2015). Manajemen Budaya Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(3). Diakses dari from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1139
Nurmalasari, I., Prayoga, A., & Irawan, I. (2019). Staffing dan Fenomena Rangkap Jabatan di Sekolah Islam. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 02(01), 14–22.
Paramudita, A., & Ridwan, I. (2019). Teknik Supervisi Akademik di Sekolah Islam. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1–6.
Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(02), 140–156.
Prayoga, A., Widad, A. L., Marliana, E., Mukarromah, I. S., & Ruswandi, U. (2019). Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(01), 70–84.
Researcher. (2019). Hasil Studi Eksplorasi Awal Penelitian di Lingkungan Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Sumedang. Sumedang: Ari Prayoga.
Safitri, N. A., & Marlina, R. (2019). Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Kejuruan. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 33–41.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (24th ed.). Bandung: Alfabeta.
Supiana, A. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan: Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tangerang, Madrasah Aliyah Negeri I Bandung Dan Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Ciamis (1st ed.). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI.
Umam, K. (2016). Membangun Budaya Organisasi Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Edukasi, 5(01). Retrieved from http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/edukasi/article/view/257
Zarkasyi, M. R. (2017). Membangun Budaya Akademik Pada Perguruan Tinggi Pesantren. Al Tijarah, 3(2), 65–96.