Peran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dalam Pembelajaran sebagai bagian dari Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa bagi Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andhika Wirabhakti

Abstract

Peran KTSP di dalam dunia pendidikan, dapat meningkatkan mutu pembelajaran melalui kualitas kurikulum, karena KTSP merupakan kurikulum yang dapat menumbuhkan budaya yang berkarakter dan budi pekerti pada peserta didik sehingga menjadi manusia otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran KTSP dalam pembelajaran sebagai bagian dari pendidikan karakter dan budaya bangsa bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang obyek penelitiannya didapatkan melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, Koran, majalah, dan dokumen). Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) Peran KTSP sangat penting untuk kemajuan dalam pembelajaran, (2) Peranan KTSP bisa memberikan kesempurnaan dari kurikulum pada masa orde lama, (3) Dengan KTSP maka perkembangan dunia pendidikan semakin berkarakter, adanya pendidikan karakter dan mampu memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi), (4) Adanya peranan KTSP menjadi student centered dalam pembentukan karakter.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wirabhakti, A. (2020). Peran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dalam Pembelajaran sebagai bagian dari Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa bagi Peserta Didik. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 45-67. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v5i1.49

References

Dasim. (2010). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Pikiran Rakyat.
Dimyati & Mudjiono. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Donald, A. (1985). Introduction to Research in Education. New York: Holt. Rinehart and Company.
Koesoema, D. (2007). Tiga Matra Pendidikan Karakter. Basis.
Djaali & Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (1999). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Bumi Aksara.
Iskandar, S, M. (1997). Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Guru dan Sekolah. Jakarta: Balitbang Puskur.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moore, Garry.W. (1983). Developing and Evaluating Research. Boston: Little, Brown and Company.

Sadiman, A. S., Rahardjo., Haryono, A & Harjito. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengambangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Syaiful, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20. Tahun 2003.