Khotmil Qur'an Online sebagai Alternatif Dakwah di Masa Physical Distancing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sumijati
Heni Gustini
Nase Saepudin
Encep Taufik Rahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Khotmil Qur’an yang dapat dijadikan alternatif dakwah di masa physical distancing. Penelitian ini menggggunakan pendekatan penelitian  kualitatif  dan  bersifat studi   pustaka   (library   research). Sumber  data  terdiri dari  dua  macam  yaitu sumber primer yang merupakan suatu    referensi    yang    dijadikan sumber  utama  acuan  penelitian dan sumber  sekunder  yang  merupakan referensi-referensi  pendukung  dan pelengkap bagi sumber primer. Adapun teknik  analisi data  dalam  penelitian  ini berupa analisis isi (content analysis). Berdasarkan kajian bahwa pengaruh pandemi tidak hanya menyemarakkan pelaksaan Khatmil Qur’an tetapi juga mekanisme pelaksanaannya yang dilakukan melalui daring/online. Komunikasi daring yang sejatinya merupakan sebuah hasil dari cyberspace memiliki dampak negatif yaitu menghilangkan aktivitas physical dan dalam konteks itu tidak memberikan dampak batin yang signifikan dibanding dengan pertemuan secara fisik. Berdasar kaidah ushuliyyah, Khatmil Qur’an online masih tetap dilakukan pada kondisi darurat saja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sumijati, Gustini, H., Saepudin, N., & Rahman, E. T. (2021). Khotmil Qur’an Online sebagai Alternatif Dakwah di Masa Physical Distancing. Jurnal At-Tatbiq: Jurnal Ahwal Al-Syakhsiyyah , 6(1), 1-15. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/Attatbiq/article/view/96

References

al-Darimi, Abu Muhammad. (tt). Musnad Al-Darimi dalam DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah.
al-Khurratsani, Abu Utsman. (1997). al-Tafsir min Sunan Sa’id bin Mansur. Dar al-Shami’i.
Arifin, Zainal. (1997). Evaluasi Instruksional. Bandung: Remadja Karya.
Hadi, Sutrisno. (1995). Statistik II. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
https://islam.nu.or.id/post/read/98411/lafal-lengkap-doa-khatmil-quran-dan-kemaslahatan-negeri
https://nunganjuk.or.id/khotmil-quran-online-cara-pac-ipnu-ippnu-kertosono-doakan-bangsa/.
Muhadjir Noeng. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Muriah, Siti. (2000). Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Pilinang, Yasraf Amir. (2011). Bayang-Bayang Tuhan: Agama dan Imajinasi. Jakarta Selatan: Mizan Publika.
Pimay, Awaludin. (2005). Paradigma Dakwah Humanis Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri. Semarang: Rasail.
Siratit, Sangkot. (2020). “Physical Distancing, Tantangan Baru Ritual Keagamaan Kolektif” dalam Harian Nasional Kompas. Edisi 16 April 2020.
Sudarmoko, Imam. (2016). “The Living Qur’an: Studi Kasus Tradisi Sem’aan al-Qur’an Sabtu Legi di Masyarakat Sooko Ponorogo” Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2016.
Syamsuddin, Sahiron. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis (ed.). Yogyakarta: Teras.
Yusuf, Muhamad. (2019). Makna Tradisi Khatmil Qur’an Berjamaah: Studi Pada Jama’ah Bapak-Bapak Masjid Al-Ishlah Ringinawe Ledok Kota Salatiga” Skripsi IAIN Salatiga.