Implementasi Program Beladipus untuk Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Panji Pratama
Sahyuddin
Dadan M Ramdhan
Fatwa Amalia

Abstract

Abstrak


Perpustakaan yang telah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Namun demikian, diperlukan kebijakan program yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan siswa dan guru ke perpustakaan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program Beladipus untuk peningkatan mutu pelayanan perpustakaan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam tiga tahap, antara lain tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukan bahwa program Beladipus sudah terimplementasikan dengan baik disebabkan program tersebut telah memenuhi tiga unsur implementasi program yang baik, yaitu (1) unsur pelaksana, (2) program yang dilaksanakan, dan (3) kelompok sasaran sehingga telah mampu menaikkan jumlah kunjungan siswa dan guru ke Perpustakaan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, P., Sahyuddin, Ramdhan, D. M., & Amalia, F. (2024). Implementasi Program Beladipus untuk Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90-103. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/333

References

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prihartanta, Widayat. 2015. Perpustakaan Sekolah. Jurnal Adabiya, Vol. 1, Nomor 81, tahun 2015. Diakses 15 Maret 2024.
Putri, Jasmine Anindita dan Fuad Gani. 2022. Implementasi Kebijakan Perpustakaan Universitas Indonesia dalam Pengembangan Koleksi Elektronik. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, Vol. 24, Nomor 2, tahun 2022. Diakses 15 Maret 2024.
Susilawati, Erni, Omon Abdurakhman, dan Novi Maryani. 2021. Manajemen Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. Jurnal Tadbir Muwahhid, Vol. 5, Nomor 2, tahun 2021. Diakses 15 Maret 2024. DOI: 10.30997/jtm.v5i2.4551
Utomo, Bambang Supriyo dan Muh. Syarif Bando (ed). 2011. Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Warsita, Bambang. 2012. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, Vol. 16, Nomor 2, tahun 2012. Diakses 15 Maret 2024. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.21
Widyaningsih, Fitriyana. 2017. Evaluasi Penyelenggaraan Perpustakaan di Sekolah Dasar Juara Yogjakarta. Jurnal Hanata Widya, Vol 6, Nomor 4, tahun 2017. Diakses 15 Maret 2024.