Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ulil Azmi

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengembangkan potensi guru di sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kompetensi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi profesional guru. Penelitian dilaksanakan di SD Islam As-Syafi’iyah Pulo Air dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui derajat credibility, transferability, dependability dan confirmability. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program supervisi pengajaran di sekolah tersebut melalui beberapa langkah perencanaan; (2) Pelaksanaan supervisi pengajaran dilaksanakan secara periodik. (3) Tindak lanjut hasil supervisi kepala sekolah melalui program-progam tindak lanjut supervisi pengajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi kepala sekolah di SD Islam As-Syafi’iyah Pulo Air dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut hasil supervisi Kepala Sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azmi, U. (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 18-40. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.125

References

Burhanuddin, Yushak. (2005). Administrasi Pendidikan, cet. Ke-3. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Carl, Glickman D. (1981). Supervision Of Instruction. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Harahap, Baharuddin. (1983). Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Ciawi Jaya.
Kholis, Nur. (2009). Panduan Praktis Mengelola Lembaga Pendidikan, Cet. I. Yoyakarta: Dianloka.
Miles,.M.B., & Huberman, A.M. (1992). Analisa Data Kualitatif. Penerjemah: Rohidi, R. T. Jakarta: UI-Press.
Moleong, Lexy J., (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XVI. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Parsono, et.al. (2009). Landasan Kependidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwanto, Ngalim. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cet. XVI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, Moh. (1987). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Soepandi, Imam. (1998). Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Universitas Jember Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Soetopo, Hendyat. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan dan Praktek. Malang: UMM Press.
Wiles, Kimbal dan Lovell, John T. (1975). Supervision for Better School. New Yersey: Pritice Hall.Inc.