Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ulil Azmi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan manajemen peserta didik di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam As-Syafi’iyah Pulo Air Sukabumi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara dan (2) studi dokumentasi. Proses analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan penarikan kesipulan. Untuk menjamin keabsahan data yaitu (1) kredibilitas, (2) dependabilitas, dan (3) transferabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kebijakan penerimaan peserta didik baru ditentukan oleh peraturan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan sistemnya sudah berjalan dengan baik, terbuka dan transparan. Kedua, Pelaksanaan pembinaan peserta didik dengan memberikan buku kredit point pelanggaran dan prestasi peserta didik, dan setiap peserta didik baru diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, Evaluasi kelulusan dan alumni dengan  memberikan hasil akhir penilaian kepada peserta didik dan pihak sekolah mengharapkan para alumni untuk selalu menjalin hubungan silaturrahmi dengan sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azmi, U. (2020). Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren . NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v5i1.46

References

Gunawan, A. (1996). Adiministrasi Sekolah; Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasana, Dedy. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sahertian, P. (1994). Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2012). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Umaedi. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.