Penerapan Strategi Guided Note Taking untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Penciptaan Manusia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa yang masih rendah pada materi Penciptaan Manusia Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI IPS di MA Syekh Abdul Qodir Al-Jailani (SAQA) Rangkang Kraksaan Tahun Pelajaran 2022-2023. Pada pra siklus, seluruh siswa belum memahami materi penciptaan manusia. Lalu setelah diterapkan strategi Guided Note Taking pada siklus I, maka siswa yang memahami materi penciptaan manusia meningkat menjadi 55,5%. Walaupun siswa yang memahami materi penciptaan manusia sudah meningkat, namun hal tersebut belum mencapai indikator keberasilan penelitian. Untuk memaksimalkan usaha peningkatan pemahaman siswa tentang penciptaan manusia, peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II, peningkatan jumlah siswa yang memahami materi semakin tinggi. Berdasarkan data dapat diketahui bahwa seluruh siswa berhasil mencapai KKM yaitu 75 pada siklus II. Dalam informasi tersebut dapat ditarik benang merah bahwasanya penerapan strategi Guided Note Taking mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait materi Penciptaan Manusia mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Fadlilah, N. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning. 11, 157–176.
Fathimatuz, N., & Ainol. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Perilaku Akhlak Terpuji Melalui Strategi Snowball Throwing Peserta Didik Kelas VIII B MTs Nahdlatul Ulama Probolinggo. January, 1–23.
Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Keputusan Menteri Agama Tentang Pedoman Implemetasi Kurikulum Pada Madrasah.
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. 1–17.
Mahmud, & Priatna, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. In Tsabita.
Mas’ad, & Kusmila. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Guided Note Taking Dan Metode Diskusi Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs. 7(1), 1–6.
Mukrimaa,Syifa S. (2014). Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi
Nasariyah, K., Helminsyah, & al fuad, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Kelas IV SD Negeri Tanah Bara. 2(1), 1–15.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 1–17.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2(2), 1–9. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Rusdiyanti. (2022). Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Penelitian Geografi melalui Model Pembelajaran Guided Note Taking Kombinasi Everyone Is A Teacher Here. 3(1), 1–14.
Salim, D., Afriyuni, D., & Fauziah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. 1–8.
Samitra, D., Krisnawati, Y., & Malasari, N. (2018). Pengaruh Model Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. 1, 1–10.
Sari, H. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran SCL (Student Centered Learning) Dan TCL (Teacher Centered Learning) Pada Motivasi Intristik dan Ekstristik Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Angkatan Tahun 2014 – 2015. 1–9.
Telaumbanua, M. (2021). Belajar Teori dan Praktik dalam Penelitian Tindakan Sekolah.
Trinova, Z., Izati, W., & Suci, A. (n.d.). Penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) Dalam Pembelajaran Fiqih. 45–58.
Utomo, A. A., Imron, A., & Syaiful, M. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. 01, 1–12.
Vandian, A., & Sumarni, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA. 11(1), 1–11.
Wahyu, S., Romanda, F., & Alim, M. (2018). Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penyakit Tuberkolosis. 2, 1–7.