Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Rifai Lubis
Fitri Amelia
Elvira Alvionita
Ismail Effendi Nasution
Yulia Haliza Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 104267 Pegajahan. Fokus kajian pada penelitian ini yaitu pada peran guru penggerak di sekolah, faktor-faktor pendudukung guru penggerak di sekolah serta yang menjadi hambatan dalam peran guru penggerak di sekolah. Penelitian ini menganalisis upaya-upaya yang dilakukan oleh guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Negeri 104267 Pegajahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dekskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan sumber lain yang dianggap mampu mengembangkan penelitian. Data yang diperoleh kemudian diambil kesimpulan dari reduksi dan penampilan data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa usaha yang dilakukan guru penggerak dalam pemerataan kualitas kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 104267 Pegajahan bahwasanya peran aktif guru penggerak dalam pemerataan kinerja guru telah aktif dilaksanakan pada sekolah ini dan telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran daring maupun luring. Dalam pelaksanaan ini guru harus berperan aktif dan wajib memiliki keahlian dalam ilmu teknologi (IT), adapun kendala yang dilami yaitu pada waktu yang terbatas sehingga menjadikan peran guru penggerak terbatas dan tidak leluasa melaksanakan perannya sebagai guru penggerak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70-82. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170

References

Al Mukarrom, G. I. (2018). Buku Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13).
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246–265. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324
Hidayat, T., & Irwandi, I. (2022). Peningkatan Mutu Penyelenggara Pendidikan Melalui Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak. Jurnal Abdimas Serawai, 1(2), 37–44. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/Setawar/article/view/3606
Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.
Lubis, S. H. H., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & Purba, S. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 823–832. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.441
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8).
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131.
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/
Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azahra, S., & Maharani, S. P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860