Kebijakan Sertifikasi al-Quran pada Mahasiswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aliya Rohmani
Rahmawati Putri Rahayu
Sabarudin

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adakah peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakartadan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui program PKTQ di UIN Sunan Kalijaga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dilakukan setiap satu minggu sekali pada hari Sabtu. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam baca tulis al-Qur’an, diadakan ujian atau tes baik tes tertulis maupun tes lisan. Hasil perhitungan melalui uji prasyarat dan uji komparasi menunjukan bahwa program matrikulasi BTQ dapat meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil nilai tes mahasiswa sebelum mengikuti program PKTQ dan sesudah mengikuti program matrikulasi PKTQ.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aliya Rohmani, Putri Rahayu , R., & Sabarudin. (2023). Kebijakan Sertifikasi al-Quran pada Mahasiswa. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 61-69. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.178

References

Anshori. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Press. Baihati, L., & Diah Pramesti, S. L. (2020). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa PAI Melalui Program Matrikulasi BTQ. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 29-38.
Danim, S. (1994). Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Apollo.
Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.
Moleong, Laxy J. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mu’abbad, Ahmad Muhammad. (2014). Panduan Lengkap Ilmu Tajwid. Solo: Taqiya Publishing.
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Paradigma.
Rijal, F., & Idris, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qr’an Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan PTKIN di Aceh. 10(4).
Team Dept. Tahsin Maqdis. (2003). Tahsin Tilawah. Maqdis Perss.