Kebijakan Sertifikasi al-Quran pada Mahasiswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adakah peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakartadan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui program PKTQ di UIN Sunan Kalijaga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program PKTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dilakukan setiap satu minggu sekali pada hari Sabtu. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam baca tulis al-Qur’an, diadakan ujian atau tes baik tes tertulis maupun tes lisan. Hasil perhitungan melalui uji prasyarat dan uji komparasi menunjukan bahwa program matrikulasi BTQ dapat meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil nilai tes mahasiswa sebelum mengikuti program PKTQ dan sesudah mengikuti program matrikulasi PKTQ.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Danim, S. (1994). Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Apollo.
Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.
Moleong, Laxy J. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mu’abbad, Ahmad Muhammad. (2014). Panduan Lengkap Ilmu Tajwid. Solo: Taqiya Publishing.
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Paradigma.
Rijal, F., & Idris, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qr’an Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan PTKIN di Aceh. 10(4).
Team Dept. Tahsin Maqdis. (2003). Tahsin Tilawah. Maqdis Perss.