Strategi Negosiasi dalam Menyelesaikan Konflik di Sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akmal Al Hasyimy Marliana

Abstract

Negosiasi konflik merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan atau solusi yang saling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi negosiasi yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik di sebuah sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian, konflik dalam konteks pendidikan dapat muncul antara berbagai stakeholder seperti siswa, guru, orang tua, staf administrasi atau bahkan pihak luar seperti masyarakat atau pemerintah. Upaya pengelolaan konflik hanya mungkin untuk dilakukan apabila diketahui secara pasti di mana letak konflik tersebut, sehingga dapat diterapkan strategi yang paling memungkinkan untuk mengatasi konflik dimaksud

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marliana, A. A. H. (2024). Strategi Negosiasi dalam Menyelesaikan Konflik di Sekolah. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 34(1), 38-46. https://doi.org/10.52030/attadbir.v34i1.218

References

Crawford, Donna & Bodine, Richard. (1996). The Handbook of Conflict Resolution Education: A Guide to Building Quality Program in Schools. San Fransisco: Jossey Bass Publishers.
Efendi. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa di MTsN Rukoh Banda Aceh. [Skripsi]. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.
Ghozali, I. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Menyelesaikan Konflik Antar Pendidik Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Bandung: ethesees.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muspawi, Mohamad. (2014). Manajemen Konflik (upaya Penyelesaian Konflik dalam Organisasi). Journal of Chemical Information and Modeling, 16.2 (2014), 46– 47.
Soetopo, Hendyat. (2012). Perilaku Organisasi (Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soetopo, Hendyat. (2010). Perilaku Organisasi, Teori dan Praktik di bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetta.
Usmani, Husaini. (2006). Manajemen, Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'