Strategi Negosiasi dalam Menyelesaikan Konflik di Sekolah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Negosiasi konflik merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan atau solusi yang saling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi negosiasi yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik di sebuah sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian, konflik dalam konteks pendidikan dapat muncul antara berbagai stakeholder seperti siswa, guru, orang tua, staf administrasi atau bahkan pihak luar seperti masyarakat atau pemerintah. Upaya pengelolaan konflik hanya mungkin untuk dilakukan apabila diketahui secara pasti di mana letak konflik tersebut, sehingga dapat diterapkan strategi yang paling memungkinkan untuk mengatasi konflik dimaksud
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Efendi. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa di MTsN Rukoh Banda Aceh. [Skripsi]. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.
Ghozali, I. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Menyelesaikan Konflik Antar Pendidik Di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Bandung: ethesees.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muspawi, Mohamad. (2014). Manajemen Konflik (upaya Penyelesaian Konflik dalam Organisasi). Journal of Chemical Information and Modeling, 16.2 (2014), 46– 47.
Soetopo, Hendyat. (2012). Perilaku Organisasi (Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soetopo, Hendyat. (2010). Perilaku Organisasi, Teori dan Praktik di bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetta.
Usmani, Husaini. (2006). Manajemen, Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.