Implementasi Pendekatan Kelas Khusus Tahfidz dalam Menciptakan Nuansa Pesantren di Sekolah Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irwan andriawan
Mulyawan Safwandy Nugraha
Asep Nursobah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keunggulan pendekatan kelas khusus tahfidz yang diterapkan di SMP PGII 1 dalam membentuk nuansa pesantren di lingkungan sekolah Islam. Studi kasus dilakukan untuk mendalami implementasi metode pembelajaran ini serta dampaknya terhadap perkembangan siswa dalam memahami dan menghafal al-Qur'an. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan santri, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan kegiatan kelas khusus tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter Islami dan kualitas hafalan al-Qur'an pada santri. Kelas khusus tahfidz di SMP PGII 1 tidak hanya fokus pada aspek hafalan, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai pesantren dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana keunggulan pendekatan ini, dengan implementasi yang tepat dan berkesinambungan dapat menjadi langkah strategis dalam membentuk generasi yang kuat spiritual, berakhlak mulia, dan berkomitmen pada nilai-nilai Islam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
andriawan, I., Nugraha , M. S., & Nursobah, A. (2024). Implementasi Pendekatan Kelas Khusus Tahfidz dalam Menciptakan Nuansa Pesantren di Sekolah Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 34(1), 14-29. https://doi.org/10.52030/attadbir.v34i1.245

References

Ahmad Muntakhib, T. (2023). Model Pendidikan Inklusi Di Pesantren Ainul Yakin Gunung Kidul. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 194.
Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347–367.
Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(1), 1–25.
Amatullah, N., & Haq, M. S. (2022). Sistem Penerimaan Santri Baru di Kebun Tahfidz Quran (KTQ) Denpasar Bali. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49040%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49040/41188
Conway, R. N. F. (1991). Have changes in educational services for students with intellectual disability resulted in advances in those students’ qu0ality of life? Australia and New Zealand Journal of Developmental Disabilities, 17(3), 271–283. https://doi.org/10.1080/07263869100034611
Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 17.
Ekawati, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 1–22.
Hibatullah, M. R. A. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Choliq Jember pada Tahun Ajaran 2021-2022. http://digilib.uinkhas.ac.id/8707/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/8707/1/T20183151 SKRIPSI RIZAL WATERMARK.pdf
Jannah, H. (2019). Pondok Pesantren Sebagai Pusat Otoritas Ulama Madura. Jurnal Al-Hikmah, 17(1), 91–108. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v17i1.9
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, & Nomor 1595 Tahun 2021. (2021). Modul Penyelenggaraan Ma`had al-Jami`ah pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 2. https://diktis.kemenag.go.id/v1/public/files/ae588e40bfc62a653a1a1ee48647bcc8.Modul Ma’had al-Jami’ah 2021.pdf
Musfah, M. H. A. J. (2016). Pendidikan Agama Islam Memajukan Umat dan Memperkuat Kesadaran Bela Neqara . 1–195. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/44420/2/Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Wacana Integrasi Ilmu.pdf
Romlah, S., & Rusdi. (2023). Pendidikan Agama Islam sebagai Pilar Pembentukan Modal dan Etika. Al-Ibrah, 8(30), 67–85. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/download/249/151
Sholehuddin, Tambunan, A., & Karimah, U. (2022). Implementasi Integrasi Kurikulum Pada Proses Santri ( Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur ’ an Takhassus Banyuwangi ). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15575/8206
Siregar, M. K. (2018). Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 16–27.
Suradi, A. (2018). Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 25–43.
Syamsul Hadi, M., & Muhid, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.
Usman, Husaini. (2013). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan – Ed.4,. Cet.1-. Jakarta: Bumi Aksara.