Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jajang Purnama
Mulyawan Safwandi Nugraha
Asep Nursobah

Abstract

Penelitian ini bertempat di SMA Plus Al Ghifari Bandung untuk mengetahui pengembahan baha ajar yang dibuat dan dilaksanakan di SMA Plus Al Ghifari hususnya pada kurikulum pelajaran PAI. Adapun metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan observasi ke lapangan dan wawancara serta melalui kajian pustaka dari jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian, Nilai kearifan lokal yang menjadi semboyan di SMA Plus Al Ghifari adalah berupa wasiat yang turun temurun di gunakan sebagai landasan utama dalam menjalankan pendidikan yaitu, luhung elmuna, pengkuh agamana, rancage gawena dan jembar budayana. Namun dalam pelajaran PAI belum membuat desain dari pengembangan pembelajaran berbasis kearifan lokal, hanya nilai-nilai kearifan lokal yang positif telah dikenalkan dan dijadikan bagian dari pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purnama, J., Nugraha, M. S., & Nursobah, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 34(2), 18-24. https://doi.org/10.52030/attadbir.v34i2.259

References

Hermawan, Asep Herry. (2012). Pengembangan Bahan ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 1489-1497.
Magdalena, Ina., Prabandani, Riana Okta, Rini, Emilia Septia., Fitriani, Maulidia Ayu & Putri, Amelia Agdira. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 170-180.
Kamal, H. (2018). Kedudukan dan Peran Guru dalam Perspektif Pendidikan. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 19-29.
Meilana, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5605-5613.
Nurdiansyah, n. (2017). Budaya pamali Sebagai Landasan Pembelajaran Lingkungan di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 59-69.
Omery, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manager Pendidikan, 464-468.
Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode researt and Development.
Urrahmi. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Tema Pendidikan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Jln. tambra Raya No. 23 Rawamangun.
Zinnurain. & Muzanni. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 4 (2). 2355-6358.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'