Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertempat di SMA Plus Al Ghifari Bandung untuk mengetahui pengembahan baha ajar yang dibuat dan dilaksanakan di SMA Plus Al Ghifari hususnya pada kurikulum pelajaran PAI. Adapun metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan observasi ke lapangan dan wawancara serta melalui kajian pustaka dari jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan penelitian, Nilai kearifan lokal yang menjadi semboyan di SMA Plus Al Ghifari adalah berupa wasiat yang turun temurun di gunakan sebagai landasan utama dalam menjalankan pendidikan yaitu, luhung elmuna, pengkuh agamana, rancage gawena dan jembar budayana. Namun dalam pelajaran PAI belum membuat desain dari pengembangan pembelajaran berbasis kearifan lokal, hanya nilai-nilai kearifan lokal yang positif telah dikenalkan dan dijadikan bagian dari pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Magdalena, Ina., Prabandani, Riana Okta, Rini, Emilia Septia., Fitriani, Maulidia Ayu & Putri, Amelia Agdira. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 170-180.
Kamal, H. (2018). Kedudukan dan Peran Guru dalam Perspektif Pendidikan. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 19-29.
Meilana, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5605-5613.
Nurdiansyah, n. (2017). Budaya pamali Sebagai Landasan Pembelajaran Lingkungan di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 59-69.
Omery, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manager Pendidikan, 464-468.
Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode researt and Development.
Urrahmi. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Tema Pendidikan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Jln. tambra Raya No. 23 Rawamangun.
Zinnurain. & Muzanni. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 4 (2). 2355-6358.