Sistem Pengelolaan dan Tantangan dalam Program Tahfidz

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nasywaa Gustiviani
Marsaulina Siregar
Fitri Khairunnisa
Muzakkir Rivai Daulay
Asniyah Nalasariy

Abstract

Di Indonesia, penghafalan al-Qur'an atau tahfidz menjadi fokus utama pendidikan Islam, dengan berbagai lembaga seperti sekolah, pondok pesantren, dan komunitas tahfidz yang aktif mengembangkan program-programnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai sistem pengelolaan program tahfidz di UKM JQH Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk menggali pengalaman subjektif anggota UKM JQH Al-Mizan yang terlibat dalam program tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Jenny Sahmud Husain dan dianalisis secara kualitatif untuk memahami sistem pengelolaan dan tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi tahfidz UKM JQH Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga telah berkembang dengan program setoran, sima’an, tilawah, tafsir, kaligrafi, dan shalawat. Selain itu, program-program seperti tahfiz camp, musabaqah hifdziil Qur’an (MHQ), dan Tahfidzi Award mulai diadakan secara reguler. Adapun tantangan utama dalam manajemen divisi tahfidz termasuk monotonitas dalam metode pembelajaran, kurangnya variasi dalam kegiatan halaqah dan keterbatasan waktu mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gustiviani, N., Siregar, M., Khairunnisa, F., Daulay, M. R., & Nalasariy, A. (2025). Sistem Pengelolaan dan Tantangan dalam Program Tahfidz . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 35(01), 74-84. https://doi.org/10.52030/attadbir.v35i01.355

References

Andriani, Yeni Indah. (2021). Divisi Tahfizh dalam Membina Para Kader HUuffazh di UKM JQH AL-MIZAN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 1998-2019. [Skripsi]. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Lubis, A. M. S. I. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.21
Mulyadi, I. (2020). Strategi Pengembangan Divisi Tahfiz di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 101-115.
Nailufa, Nailufa. (2011). Profil UKM JQH aL-Mizan. diakses pada 23 November 2024, https://nailufa.blogspot.com/p/profil.html.
Nuryadi, A. (2021). Peran UKM dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 143-158.
Populix. (n.d.). Fenomenologi Adalah: Pengertian, Metode Pendekatan, Contoh. Retrieved from https://info.populix.co/articles/fenomenologi-adalah/
Rina, L. (2019). Pengaruh Program Tahfiz terhadap Karakter Mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 78-92.
Rofiah, C. (2023). Metode Penelitian Fenomenologi. Penerbit Litnus.
Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul QuranTangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 268–282.
Wawancara dengan Jenny Sahmud Husain, Koordinator Divisi Tahfizh sekaligus pengurus devisi tahfizh UKM JQH al-Mizan, pada hari Selasa 04 November 2024, Pukul 15.15 – 15:50
Zahara, Fahima Rifki & Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. (2022). Pengelolaan Program Tahfiz dalam Peningkatan Minat Hafal Qur’an di Mi Miftahul Ulum Waringinsari Barat Lampung. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam. 7 (2). 1-23.