Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta'limul Muta'allim dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendidikan akhlak memiliki peran sentral dalam Islam, bertujuan untuk membentuk individu yang berkarakter dan bertanggung jawab. Kitab Ta'limul Muta'allim karya Burhanuddin al-Zarnuji adalah salah satu teks klasik yang dipelajari di pesantren di Indonesia, yang menguraikan etika dan adab dalam menuntut ilmu. Penelitian ini berfokus pada analisis nilai-nilai akhlak yang tercantum dalam kitab tersebut serta relevansinya bagi pembentukan karakter di era modern. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumber utama penelitian ini adalah Kitab Ta'limul Muta'allim dan literatur pendukung lainnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kitab ini mengandung berbagai nilai akhlak, termasuk etika terhadap guru, sesama murid, dan kaifiyat yang benar dalam menuntut ilmu. Nilai-nilai tersebut sangat relevan untuk diterapkan dalam sistem pendidikan masa kini untuk membentuk karakter yang berakhlak mulia. Implementasi nilai-nilai akhlak dari Kitab Ta'limul Muta'allim dalam pendidikan modern dapat dilakukan melalui integrasi nilai-nilai ini ke dalam kurikulum sekolah, peran guru sebagai panutan, dan penggunaan metode pengajaran yang efektif. Dengan demikian, pendidikan akhlak yang diajarkan dalam Kitab Ta'limul Muta'allim sangat penting untuk membentuk generasi yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia di era globalisasi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Amin, S. M. (2016). Ilmu Akhlak (Ulmilla Dhia (ed.). Amzah.
Aminuddin. AW. (2010). Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Az-Zarnuji. (2007). Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Terj. Ali As’ad. Kudus: Menara Kudus.
Christiana, Esther. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Jurnal Humaniora. 4(1): 399.
Djarwanto dan Pangestu Subagyo. (1996). Statistik Induktif Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Farid, A., Mansur, R., & Zuhrotus Sufiyana, A. (2021). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Sma Negeri 8 Malang. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(4), 229–245. Http://Jim.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Article/View/12023.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Khalid, Najib. (2004). Tarbiyah Rasulullah (Terjemah. Min Asaalibir-Rasul SWT. Fit-Tarbiyah. Jakarta: Gema Insani.
Muflihaini. (2017). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di Madrasah Aliyah PP. Hidayatullah Tanjung Morawa. [Tesis]. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Gramedia.
Nawawi, Hadari. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah. Mada University Press.
Soebahar, Halim. (2002) Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sudjono, Anas. (1996). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Uhbiyati, Nur. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Zuhairini. (1991). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.