Epistemologi Islam: Kajian tentang Sumber Pengetahuan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zahrul Athriah
Budi Handrianto

Abstract

Epistemologi Islam menawarkan pendekatan yang unik dalam memahami pengetahuan, di mana wahyu memiliki peran sentral sebagai sumber kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana epistemologi Islam dapat membantu memahami interaksi antara wahyu, akal, indera, dan intuisi dalam pembentukan pengetahuan yang holistik dan bermakna. Dengan menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka, penelitian ini menganalisis konsep-konsep epistemologi Islam serta membandingkannya dengan perspektif Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wahyu memberikan dasar teosentris yang kuat bagi epistemologi Islam, di mana akal bekerja dalam kerangka nilai-nilai moral dan spiritual yang ditentukan oleh wahyu. Indera dan intuisi berperan sebagai elemen tambahan yang memperkaya pemahaman manusia terhadap realitas, dengan indera menangkap dimensi fisik dan intuisi memberikan pemahaman intuitif terhadap dimensi non-fisik. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa epistemologi Islam mengintegrasikan wahyu, akal, indera, dan intuisi untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap realitas, yang mencakup dimensi fisik dan metafisik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Athriah, Z., & Handrianto, B. (2025). Epistemologi Islam: Kajian tentang Sumber Pengetahuan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 35(2), 44-57. https://doi.org/10.52030/attadbir.v35i2.363

References

Fadholi, M. (2019). Pengembangan Studi Keislaman Perspektif Epistemologi Ilmu. Syariati, 5 (2). 302.
Hafizh, Muhammad, Sarah Dina, Widia Astuti, dan Nur Wahyu Ningsih. (2023). Perbandingan Paradigma Epistemologi: Sumber Pengetahuan Perspektif Islam dan Barat. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9 (4). 1497-1498.
Hikmah. (2021). Epistemologi Ilmu Dalam Perspektif Islam. Akademika, 15, (2) 34-35.
Idris Siregar. (2023). Al-Qur'an dan Hadis sebagai Sumber Hukum Islam. Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 6 (2). 191-192.
Ilham, Muh. (2018). Al-Quran Sebagai Sumber Epistemologi. Rausyan Fikr, 14 (1). 120-122.
Kulsum, Ummi. (2020). Epistemologi Islam dalam Tinjauan Filosofis. Urwatul Wutqo: Jurnal Kependidikan dan Keislaman 9 (2). 229.
Mustofa, Taufik, Nanat Fatah Natsir, dan Erni Haryanti. (2021). Epistemologi Ilmu Pengetahuan Islam Klasik dan Kontemporer. Hawari: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan Islam, 2 (2). 91.
Nasution, Henni Syafriana. (2016). Epistemologi Question: Hubungan Antara Akal, Penginderaan, Intuisi, dan Wahyu dalam Bangunan Keilmuan Islam. Almufida, I (1). 74.
Nuryamin. (2024). Epistemologi Islam: Perspektif Empirisme dan Rasionalisme. Jurnal Pendidikan Kreatif, 5 (1). 9-22.
Siregar, Idris. (2023). Al-Qur'an dan Hadis sebagai Sumber Hukum Islam. Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 6 (2). 191-192.
Taqiyuddin, Muhammad. (2020). Panca Indera dalam Epistemologi Islam. TASFIYAH: Jurnal Pemikiran Islam, 4 (1). 115.
Wasehudin. (2018). Akal dalam Perspektif Pendidikan Islam: Telaah Reflektif Filsafat Pendidikan Islam terhadap Ayat-ayat Alquran. Al-Qalam 35 (2). 56