Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Spiritualitas Siswa di Era Digital Kepemimpinan Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sebagai pendidik, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan spiritual siswa di tengah tantangan era digital saat ini. Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, penulis melakukan penelitian di MTs Sirojul Athfal Bogor melalui pendekatan observasi partisipatif selama tiga bulan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama masa observasi, penulis mengamati berbagai kegiatan pembiasaan spiritual seperti salat Dhuha, doa bersama, membaca Al-Qur’an, serta integrasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun lingkungan sekolah berbasis Islam, sebagian siswa belum memahami urgensi kecerdasan spiritual secara menyeluruh. Dalam hal ini, guru PAI memainkan peran sebagai motivator, teladan, dan fasilitator yang aktif dalam menumbuhkan kebiasaan spiritual positif. Kepribadian guru yang inspiratif dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi faktor penting dalam membentuk kecerdasan spiritual yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, guru PAI memiliki kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang membekas dalam diri siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The author retains copyright is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Evita Sari Dalimunthe, K., & Muhammad Syahbudi. (2023). Jurnal mudabbir. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 789–790.
Haryanto, S. (2021). pendidikan karakter berbasis spiritual. 3.
Matwaya, A. M., & Zahro, A. (2020). Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 44. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.112
Muhammad Rizal, & Amaluddin. (2025). Membangun Generasi Tangguh melalui Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Spiritual. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(2 SE-Articles), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.91989/6vrykt02
Muhammad Yusuf, Andi Marauleng, Islamiah Syam, Siti Masita, & Marsuanti Marzuki. (2024). Efektivitas Ragam Metode Dalam Pembelajaran PAI. Al-Abshor : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), (130) 129-142. https://doi.org/10.71242/w9qyak28
Nasution, S. (2025). Literature Review terhadap Strategi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Teologi Islam, 1(2), 97. https://doi.org/https://doi.org/10.63822/md622956
Nofriadi, N., & Pawirosumanto, S. (2024). Optimasi Pembelajaran: Strategi Meningkatkan Pemahaman Statistik melalui Pemahaman Kecerdasan Emosi, Spiritual, dan Intelektual Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(3), 2. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i3.2423
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 33. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Wasfiyah, F., Mutmainnah, B., Subhan, N. I., Santalia, I., & Yusriani, D. (2025). Integrasi Sholat Sebagai Terapi Emosional Dalam Pendidikan Dan Konseling Islam. Journal of Islamic Studies | Page, 05(01), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/moderasi.v5i1.96