Integrasi Nilai Anti Korupsi dalam Kurikulum Sekolah dengan Pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Strategi anti korupsi merupakan hal penting dalam membangun keberhasilan suatu lembaga kependidikan. Tujuan penelitian ini membahas integrasi nilai anti korupsi dalam kurikulum sekolah dengan pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu itu dengan cara mengumpulkan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Berdasarkan kajian ditemukan bahwa strategi anti korupsi dengan pendekatan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dapat dilihat dari keberhasilan KPK dalam mencegah dan menindak tegas tanpa pandang bulu para koruptor yang ada di wilayah Negara di Indonesia. Adapun pengintegrasian nilai-nilai anti-korupsi dalam kurikulum sekolah diupayakan dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi di sekolah dengan beberapa alternatif model yang bisa digunakan yaitu model sebagai mata pelajaran tersendiri, model terintegrasi dalam semua mata pelajaran, model di luar pembelajaran, model pembudayaan dan pembiasaan nilai dalam seluruh aktivitas dan suasana sekolah dan terakhir model gabungan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Ahmad, Z. (2018). Strategi Anti Korupsi Melalui Pendekatan Pendidikan Formal dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi): Journal Of Development and Social Change, 1 (2), 179-188.
Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farisi, M. I. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Artikel disampaikan pada Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa” HEPI UNESA 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
KPK.( 2016). Capaian dan Kinerja KPK di Tahun 2016, di http://kpk.go.id/id/berita/siaran- pers/3832-capaian-dan-kinerja-kpk-di-tahun-2016 diakses 5-4-2018.
Laporan KPK Lamar http://kpk.go.id/id. Jakarta. 9 Januari 2017.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sapon, S.(2018). Pendidikan Anti Korupsi. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta.
Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim KPK. (2007). KPK Annual Report 2007. Jakarta: KPK
Tim KPK. Tanpa tahun. Pahami Dulu Baru Lawan Buku Panduan Kamu Buat Ngelawan Korupsi. Jakarta: KPK
Tim MCW. (2005). Seri Pendidikan Anti Korupsi Mengerti dan Melawan Korupsi. Jakarta: Kerjasama YAPPIKA dan MCW.