Variasi Model Pembelajaran Guru Pasca Pandemi Covid 19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yasni Alami
Dudun Najmudin

Abstract

Pada masa pandemi Covid 19 pembelajaran dilakukan secara daring/online. Dalam hal tersebut guru dituntut untuk mempunyai berbagai variasi model pembelajaran agar pembelajaran peserta didik pasca pandemi Covid 19 tetap berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana variasi model pembelajaran guru pasca pandemi Covid 19. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Pengumpulan datanya dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian di Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah IV Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Teknik Analisis Data yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka representasi obyektif tentang realitas yang terdapat di dalam masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian bahwa guru di Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah IV Kabupaten Cianjur sudah menggunakan berbagai variasi model pembelajaran pasca pandemi Covid 19. Di lihat ketika awal pembelajaran tatap muka, peserta didik antusias mengikuti pembelajaran secara efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alami, Y., & Najmudin, D. (2022). Variasi Model Pembelajaran Guru Pasca Pandemi Covid 19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 43-50. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/jtt/article/view/158

References

Asniar, Asniar., K, Adnan & Jafar, Muh Idris. (2022). Hubungan antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 160.
Galileo, Sebastian., Hariani, Lilik. Sri & Naim, Naim. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Penggunaan Media Audio Visual, Dan Variasi Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–6.
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482.
Jaya, Hasma Nur. (2017). Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35.
Rivai, Andi Alamsyah., R, Mantasiah., Rauf, Reski. Febyanti., Rivai, Andi. Muhammad., Tenri, Andi & Rivai, Ola. (2021). Pelatihan Pengembangan Variasi Model-model Pembelajaran Bagi Guru-Guru di Sulawesi Selatan. Jurnal Dedikasi, 23(1). 16–21.
Rizqy Ana, Ria Fajrin. (2020). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Mengajar Guru Menggunakan Media Visual. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 50–65.
Rohana, Sy. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12 (2). 192-208
Setriani, Loli. (2017). Persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Jurnal Pendidikan Sosial, 4 (2). 238–246.
Subana, Subana & Sudrajat, Sudrajat. (2009). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono, Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)