Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Nurul Fadlilah
Gilang Syahril Akbar
Fenty Setiawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Peserta didk Kelas XII di SMKN se-kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII di SMK Negeri se-kota Sukabumi yaitu sebanyak 1934 orang, dengan melibatkan sampel sebanyak 321 orang menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penyebaran kuesioner dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Praktik Kerja Lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja peserta didik di SMK Negeri se-kota Sukabumi dengan perolehan nilai koefisien regresi sebesar 0,870, dan nilai thitung < ttabel (15,279 > 1,968) dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurul Fadlilah, A., Akbar, G. S., & Setiawati, F. (2024). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1-17. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v9i1.270

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Adityagana, D. A., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2018). Pengaruh praktik kerja lapangan dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2), 15–25.
Badan Pusat Statistik. (2022). BRSbrsInd-20220509104634. 34.
BPS Kota Sukabumi. (2022). Kota Sukabumi dalam Angka 2022.
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. In Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Rahman, A., Amiruddin, & Latief, N. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja di Era Revolusi Industri 4.0 pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Ridwan, M. (2021). Pembangunan Sumber Daya Manusia Pada Sekolah Kejuruan Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang Di Era Revolusi Industri 4.0. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 1–10.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed methods). Alfabeta.
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45.

Most read articles by the same author(s)