Peningkatan Kualitas Menulis al-Qur’an dengan Menerapkan Metode Iqro’ Bil Qolam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Farhan Fadhilah
Revina Aulia
Rivka Srinurdayanti
Siti Hamidah
Jasmansyah
Elih Yuliah
Fenty Setiawati
Dudun Najmudin

Abstract

Madrasah Diniyyah Manbaul ‘Ulum merupakan salah satu madrasah yang berlokasi di Kp. Cijarian Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Iqro’ Bil Qolam adalah sebuah metode menulis mengikuti garis yang mengedepankan praktik, karena akan mempercepat kemampuan menulis dan mengingat. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada peningkatan kualitas menulis al-qur’an dengan menerapkan metode iqro’ bil qolam. Penulisan artikel ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif yang berarti menjelaskan fenomena atau karakteristik individual, situasi atau kelompok social secara akurat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data selama dilapangan peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya adalah penerapan penulisan al- Qur’an dengan metode Iqro’ Bil Qolam di MDTA Manba’ul Ulum dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Dalam implementasinya metode Iqro’ Bil Qolam dilakukan dengan cara siswa-siswi belajar menulis dan membaca al-Qur’an dengan menggunakan beberapa juz dalam al-Qur’an mulai dari juz 18 sampai juz 30. Pelaksanaan menulis al-Qur’an dengan metode Iqro’ Bil Qolam dilakukan di kelas IV, V dan VI. Kelas IV menyelesaikan 1 Juz, kelas V menyelesaikan 2 Juz, dan kelas VI menyelesaikan 2 Juz.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fadhilah, M. F., Aulia, R., Srinurdayanti, R., Hamidah, S., Jasmansyah, Yuliah, E., Setiawati, F., & Najmudin, D. (2024). Peningkatan Kualitas Menulis al-Qur’an dengan Menerapkan Metode Iqro’ Bil Qolam. AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50-59. Retrieved from https://ejournal.inkhas.ac.id/index.php/almufidah/article/view/266

References

Ahiri, J. (2018). Metodologi PenelitianPendidikan. Penerbit Unhalu.
Ahmad, Alif Vigils Habibullah. (2018). Implementasi Program Iqro Bil Qolam dengan Metode Follow The Line di SDN Kembangan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: IAIN Jember.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah . (1992). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Haryono dan Suyono. (2011). Belajar metodologi penelitian living alqur’an dan hadist. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Human, As’ad. (2000). Cara Cepat Membaca al-Qur’an, AMM.Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Teman Tadarus.
Humam, As’ad. (2000). Buku Iqra, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Jilid I-6 Yogyakarta: Team Tadarus AMM.
Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Yunus, Mahmud. (1991). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hida Karya Agung.