Desain Mutu Pesantren berbasis Total Quality Management (TQM)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Liah Siti Syarifah

Abstract

Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren yang sampai saat ini exsist dan telah menghasilkan ulama yang berkiprah di masyarakat, hal tersebut tidak lepas dari pengelolaan pendidikan yang baik dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan desain mutu Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. data (penelitian) dikumpulkan dengan teknik triangulasi yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dibantu dengan instumen tambahan berupa panduan observasi dan wawancara. Kemudian data penelitian yang telah terkumpul diolah dan dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Penelitian menemukan bahwa Pesantren Syamsul ‘Ulum telah memiliki desain mutu pesantren berbentuk sycle dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari penetapan standar mutu, pemataan mutu, perencanaan peningkatan mutu, implementasi peningkatan mutu dan evaluasi. Hanya saja implementasi Total Quality Management (TQM) di  Pesantren Syamsul ‘Ulum masih perlu dioptimalkan dan desain (mutu) masih terbatas pada mutu internal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siti Syarifah, L. (2020). Desain Mutu Pesantren berbasis Total Quality Management (TQM). NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 68-82. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v5i1.50

References

Abubakar & Kurniatun, T. C. (2018). Manajemen Keuangan Pendidikan. Dalam Udin Syaefudin Sya’ud (Ed), Bunga Rampai Administrasi Pendidikan Teori dan Praktik (339-359). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Arcaro, J. S (2005). Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Pene-rapan, terj. Yosal Iriantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danusiri, D. (2019). Basic Theory Of Islamic Education Management. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 13 (1), 121-142.
Gasperszt, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, L. (2019). Quality Management of Madrasah Diniyah Takmiliyah in the Era of Regional Autonomy (Case Study in Tasikmalaya Regency). Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1), 101-116.
Halim, A., Suhartini, S & Arif, M. C & Sunarto AS. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren-Forum LKiS Pelangi Aksara.
Hasanah, S. N. (2013). Aplikasi Total Quality Management (TQM) dalam Manajemen Pendidikan Islam. Edukasi, 1(02), 209-224.
Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa, 20 (1), 127-139.
Miles, M.B & Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.
Mukti, A. H. (2002). Pengembangan Metodologi Pembelajaran di Salafiyah. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Rahyasih, Y., Hartini, N & Syarifah, L. S. (2019). Continuous Professional Development for Teacher Through Scientific Publications. Telah dipresentasikan pada Proceedings of the 3rd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2019).
Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education Third Edition. London: Kogam Page.
Shaleh, M. (2018). Syamsul ‘Ulum dari Masa ke Masa. Panitia Reuni INAYAH (Ikatan Alumni Yaspi Pontren Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh).
Sugiyono, S. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suhendar, Soedjarwo2 & Basuki, I. (2017). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kyai, Budaya Pesantren dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan Pesantren di Provinsi Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34 ( 2). 161-171
Syarifah, L. S. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren?. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30 (1), 93-112.
Syarifah, L. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. NIZAMUL ‘ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-21
Syarifah, S. (2015). Aplikasi Total Quality Management (TQM) di Pondok Pesantren, Sekolah dan Madrasah (Study Komparasi). At-Ta’dib, 10 (1). 73-92.
Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Undang- Undang Nomor 18 Tahuan 2019 tentang Pesantren.
Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Wae-u-Seng, N., Henpiya, A & Sa-U, S. (2019). Islamic Educational Administration And Management Program, Prince Of Songkla University (Psu): Contributions And Challenges For Malay Muslim Community In Thailand. Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1), 1-10.
Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Rajagrafindo Persada.