Bagaimana Pembelajaran Daring ditinjau dari Perspektif Merdeka Belajar pada Masa Covid 19: Berdasarkan Pendekatan Sistem

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Johar Permana
Liah Siti Syarifah

Abstract

Pembelajaran daring menjadi pilihan satuan pendidikan dalam melangsungkan proses belajar-mengajar di masa pandemi Covid 19. Terlepas dari terjadinya wabah tersebut, tipe pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar konstruktivistik ini sangat relevan dengan kebijakan merdeka belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada masa Covid 19 berdasarkan pendekatan sistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan informasi serta datanya menggunakan berbagai macam bahan dan materi yang ada di perpustakaan, yaitu berupa buku, jurnal, dokumen, berita, serta sumber yang memiliki relevansi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis dengan pendekatan dari teori sistem. Berdasarkan kajian ditemukan skema berupa alur proses pembelajaran daring dari input, proses dan output. Maka dapat disimpulkan bahwa pemetaan pembelajaran daring melalui pendekatan sistem telah memberikan gambaran umum untuk pelaksanaan pembelajaran sehingga diharapkan menjadi bekal pengetahuan untuk para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring di sekolah secara efektif terutama pada masa pandemi seperti yang sedang terjadi saat ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permana, J., & Siti Syarifah, L. (2021). Bagaimana Pembelajaran Daring ditinjau dari Perspektif Merdeka Belajar pada Masa Covid 19: Berdasarkan Pendekatan Sistem . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 161-177. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.107

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar’i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7 (5), 395-402.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.

Blankenberger. B & Williams. A, M. (2020). COVID and the impact on higher education: The essential role of integrity and accountability. Administrative Theory & Praxis. 1–20.

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Chaeruman, U. A, (2018). PEDATI: Model Desain Sistem Pembelanjaran Blended. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/340377353_PEDATI_Model_Desain_Sistem_Pembelajaran_Blended Diakses pada 04 Juli 2020.

Dewi, W.A .F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.

Djamarah, S. B & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Flinders University. (1968). eaching online guidebook. Diakses dari https://flo.flinders.edu.au/mod/book/view.php?id=854982&chapterid=76465 pada 04 Juli 2020.

Galvan, Jose L. (2017). Writing Literature Reviews Sixth Edition. New York: Routledge.

Harususilo, Y. E. (2020). Webinar Nasional UT: PJJ Jadi Role Model Pendidikan Tinggi Masuk Era New Normal. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/04/133943871/webinar-nasional-ut-pjj-jadi-role-model-pendidikan-tinggi-masuk-era-new?page=all pada 04 Juli 2020.

Hastuti, P. (2020). (BASIS HUKUM) Pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Diakses dari https://www.academia.edu/41647371/BASIS_HUKUM_Pokok-pokok_Kebijakan_Merdeka_Belajar pada 04 Juli 2020.

Ika. I, (2020). Membedah Tantangan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Diakses dari https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19 pada 04 Juli 2020.

Joksimović, S., Gašević, D., Loughin, T. M., Kovanović, V., & Hatala, M. (2015). Learning at distance: Effects of interaction traces on academic achiev.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2019). Diakses dari https://kbbi.web.id pada 04 Juli 2020.

Kerzner, Harold. (2017). Project Management: A Systems Approach to Planning, Scheduling, and Controlling T welfth E dition. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Kearsley, G. (2000). Online education: Learning and teaching in cyberspace. Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.

Kemendikbud RI, (2020). Merdeka Belajar. Diakses dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar pada 04 Juli 2020.

Kintsch, W. (2009). Learning and constructivism. In S. Tobias & T. M. Duffy (Eds.). Constructivist theory applied to education: Success or failure?. New York: Routledge. 223–241.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur. (2020). Esensi Merdeka Belajar yang Sebenarnya. Diakses dari https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/esensi-merdeka-belajar-yang-sebenarnya pada 04 Juli 2020.

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017. 192-200.

Moore, M. & Kearsley, G. (2005). Distance Education: A Systems View (Second Edition). USA: Thomson Wadsworth.

Muhibbin & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1), 113-130.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3 (1), 141-147.

Naidu, S. (2006). E-learning. A Guidebooks of Principles, Procedures and Practices, 2nd Revised Edition. Cemka.

Newbury, R. (2013). Are design elements in blended learning courses factors of student completion rate?. International Journal of Technology in Teaching & Learning, 9 (2), 139–158.

Nuryana. A, N, (2020). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Dunia Pendidikan. Diakses dari https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/ pada 04 Juli 2020.

Pakpahan, R. & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4 (2), 30-36.

Piskurich, G. M. (2006). Rapid Instructional Design: Learning ID Fast and Right (Second Edition). San Fransisco, CA: Pfeiffer, John Wiley and Sons, Inc.

Prihatin, Eka., Aprilia, Imas Diana., Permana, Johar & Syarifah, Liah Siti. (2019). Sinergitas Sekolah dengan Pemerintah, Masyarakat dan Dunia-Dunia Usaha/ Industri: Sebuah Langkah Optimalisasi Pengelolaan Pendidikan Life Skill pada Siswa Disabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19 (3), 334-343.

Riyana, C. (tt). Konsep Pembelajaran Online. Diakses dari http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-M1.pdf.

Rusmana, F. a. I. (2020). Memerdekakan Siswa Melalui Pendidikan: Relevansi Konsepsi Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Diakses dari http://repository.unj.ac.id/724/4/Memerdekakan%20Siswa%20Melalui%20Pendidikan%20%28Jurnal%29.pdf pada 4 Juli 2020.

Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.

Shumba, A., Ndofirepi, A. P., & Gwirayi, PA. (). Critique of Constructivist Theory in Science Teaching and Learning. Journal of Social Sciences, 31 (1), 11–18.

Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13 (1), 300-310.

Sumec.co. (2020). Merdeka Belajar dan Belajar Jarak Jauh. Diakses dari https://sumeks.co/merdeka-belajar-dan-belajar-jarak-jauh/ pada 04 Juli 2020.

Suparno, A. S. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Supradono. B. (2011). Kerangka Kerja OCTAVE untuk Manajemen Risiko Keamanan Informasi Sistem E-Learning (Studi Kasus: Sistem E-Learning Universitas Muhammadiyah Semarang). Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Semarang.

Thaib, D., Wahyudin, D., Rahmawati, Y & Riyana, C. (2016). Studi Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Model Blended Learning Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 107-125.

Tello. S. F. (2007). An analysis of student persistence in online education”, International Journal of Information and Communication Technology Education, 3 (3), 47–62.

Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Kajian Menejemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rinika Cipta.

Turoff, M., & Hiltz, R. S. (1995). Designing and evaluating a virtual classroom. Journal of Information Techn.
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wagner, E. D. (1994). In support of a functional definition of interaction. The American Journal of Distance Education, 8 (2), 6-28.

Wibowo. C. (2020). Merdeka Belajar Nadiem Makarim Tak Akan Tercapai Kalau Tak Ada Perbaikan Pembelajaran Jarak Jauh. Diakses dari https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-13584732/merdeka-belajar-nadiem-makarim-tak-akan-tercapai-kalau-tak-ada-perbaikan-pembelajaran-jarak-jauh pada 04 Juli 2020.

Widodo, H. (2020). Manajemen Pembelajaan Daring. Diakses dari https://radarjogja.jawapos.com/2020/04/15/manajemen-pembelajaran-daring/ pada 04 Juli 2020.